pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Mutiara Baswedan: Anies selalu egaliter saat diskusi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Mutiara Annisa Baswedan menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di Gedung Wisma Antara B, Cikini, Jakarta, Selasa (9/1/2024). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Apa pun itu selalu diobrolin sama Mama, mau receh, sekecil apa pun karena aku juga suka ngobrol sama Mama.
Jakarta (ANTARA) -
Mutiara Annisa Baswedan atau Tia Baswedan mengatakan bahwa orang tuanya, Anies Rasyid Baswedan, selalu bersikap egaliter atau sederajat saat berdiskusi atau berkomunikasi dengan anak-anaknya.
 
Putri sulung Anies Baswedan itu menilai ayahnya sosok yang rendah hati dan mau menerima pendapat maupun kritik sehingga anak-anaknya tidak merasa takut untuk berdiskusi atau menyampaikan pandangan lain mengenai suatu hal.
 
"Jadi, misalnya aku merasa Abah kok ini kayak seperti ini ya? Menurut aku sebaiknya seperti ini," kata Tia dalam program siniar atau podcast dengan ANTARA TV di Jakarta, Selasa.
 
Contoh penyampaian pendapat itu, kerap Tia lakukan untuk mengekspresikan sesuatu guna dipertanyakan atau didiskusikan dengan Anies Baswedan.
 
Menurut dia, pola komunikasi itu kerap terjadi setiap harinya sehingga apa yang menjadi perbedaan pendapat dalam menyikapi sesuatu selalu membicarakan bersama antaranggota keluarga.
 
Dikatakan pula oleh Tia bahwa ruang diskusi selalu diciptakan tidak hanya oleh Anies, tetapi oleh ibunya guna menyerap pendapat dalam segala hal. Dengan demikian, proses bertukar pikiran menjadi sesuatu yang menyenangkan.
 
"Apa pun itu selalu diobrolin sama Mama, mau receh, sekecil apa pun karena aku juga suka ngobrol sama Mama, dan mama itu mendengarkan cerita aku. Kalau aku butuh saran, sering dikasih nasihat," kata putri Fery Farhati itu.
 
Alumnus Universitas Indonesia (UI) ini menilai sikap egaliter atau terbuka dalam berkomunikasi itu merupakan sesuatu yang baik dalam sebuah keluarga.
 
Bahkan, kebiasaan itu telah menjadi teladan bagi dirinya sehingga ke depan juga akan menerapkan hal serupa bersama suaminya, Ali Saleh Alhuraiby.

Baca juga: Buku selalu jadi "buah tangan" Anies untuk keempat anaknya
Baca juga: Tia Baswedan: Pengajar dalam program Indonesia Mengajar jadi inspirasi

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Damkar Makassar cek sistem proteksi kebakaran gudang logistik pemilu Sebelumnya

Damkar Makassar cek sistem proteksi kebakaran gudang logistik pemilu

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN