pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kebersihan jiwa adalah etik tertinggi, kata Prabowo

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyapa tamu undangan sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). DANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU/aa.
Itu etik yang tertinggi. Kebersihan jiwa, kejujuran, kesetiaan kepada rakyat
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut kebersihan jiwa yang tercermin dari kejujuran dan kesetiaan pada rakyat merupakan standar etik yang tertinggi.

"Itu etik yang tertinggi. Kebersihan jiwa, kejujuran, kesetiaan kepada rakyat," kata Prabowo menjawab pertanyaan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat ketiga KPU RI di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Prabowo mengaku sependapat dengan Anies bahwa semakin kompleks suatu lembaga, maka pemimpinnya akan lebih mengandalkan kepada nilai alih-alih soal teknis.

"Saya sependapat bahwa semakin tinggi, semakin kompleks, kepemimpinan itu butuh nilai. Nilai-nilai yang sangat fundamental. pertama, nilai adalah cinta tanah air. kedua, kejujuran. Ketiga, kebersihan yang Bapak (Anies, red.) bolak-balik ngomong, harus memberi contoh tidak boleh korupsi, dengan bentuk apa pun," ujarnya.

Oleh sebab itu, Prabowo menyebut etika merupakan hal yang penting. "Kita harus beretika dengan benar. Jujur, apa yang kita katakan itu, ya, yang ada di hati kita. Jangan lain di mulut, lain di hati. Dan harus cinta Tanah Air," tuturnya.

Baca juga: Ganjar soal Prabowo 'Ndasmu Etik': Biar rakyat menilai

Baca juga: Partai Gerindra soal "Ndasmu Etik": Itu dalam nuansa kekeluargaan


Ia juga menyinggung pemimpin seharusnya tidak menggunakan ambisi pribadi untuk menghasut dan menyesatkan rakyat. Sebab, hal itu menurutnya akan membahayakan pertahanan dan keamanan rakyat.

"Pertahan ini sakral bagi kita, ini menyangkut keselamatan kita. Jangan karena ambisi pribadi, kita menghasut dan menyesatkan rakyat," ucap Menteri Pertahanan itu.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Baca juga: Timnas AMIN: Anies singgung soal etik bernegara, bukan personal

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
Prabowo pertanyakan target Anies soal utang 30 persen di bawah PDB Sebelumnya

Prabowo pertanyakan target Anies soal utang 30 persen di bawah PDB

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah