pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Terima masukan, KPU tambah TV penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (tengah) bersama dengan anggota KPU RI August Mellaz (kiri) dan Yulianto Sudrajat (kanan) berfoto bersama usai melakukan konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024). ANTARA/Hana Kinarina
Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambahkan hak siar kepada Garuda TV untuk ikut menayangkan gelaran debat ketiga Pilpres 2024 yang akan mempertemukan ketiga calon presiden untuk kedua kalinya pada hari Minggu (7/1).
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menerangkan bahwa penambahan Garuda TV sebagai televisi penyelenggara debat ketiga untuk mengakomodasi masukan dari berbagai pihak, khususnya tim sukses pasangan calon presiden/wakil presiden yang akan berdebat.
 
"Tentang media televisi, KPU ini 'kan sebagai penyelenggara pemilu merespons berbagai masukan dari berbagai pihak, terutama tim pasangan calon, sehingga termasuk perubahan komposisi televisi penyelenggara," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Hasyim mengatakan bahwa penambahan satu televisi penyelenggara debat tersebut sudah melewati sederet pembicaraan dan pertimbangan, baik dengan timses maupun MNC Group yang semula menjadi satu-satunya televisi penyelenggara debat ketiga pilpres.
 
Sebelumnya, Rabu (3/1), Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan bahwa TKN mengirimkan surat keberatan ke KPU terkait dengan stasiun televisi swasta penyelenggara debat ketiga pilpres yang hanya diberikan kepada MNC Group semata.
 
Pada kesempatan yang berbeda, Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar juga meminta KPU agar memastikan televisi swasta yang memegang hak siar penyelenggaraan debat ketiga adalah pihak yang dapat menjaga independensinya.
 
Oleh karena itu, debat yang akan diselenggarakan di Istora Senayan pada tanggal 7 Januari 2024 tersebut akan ditayangkan di Garuda TV serta jaringan MNC Group, yakni MNC TV, RCTI, Global TV, dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB.
 
Adapun debat ketiga pilpres tersebut  akan mengangkat tema seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU DKI siapkan petugas untuk dampingi pemilih disabilitas mental
Baca juga: KPU DKI berhasil tuntaskan distribusi logistik Pemilu 2024 tahap satu
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu diminta independen terkait pelanggaran Gibran di CFD Sebelumnya

Bawaslu diminta independen terkait pelanggaran Gibran di CFD

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus