pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TPN: Ganjar tampil original, enggak perlu diubah

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Eko Kuntadhi (tengah) saat memberikan keterangan di Media Center TPN, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Rio Feisal/aa.
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Eko Kuntadhi, mengatakan bahwa calon presiden nomor urut 3 Ganjar akan tetap tampil orisinal atau apa adanya dalam debat-debat berikutnya.

"Kalau menurut kami, Mas Ganjar tampil original, tampil yang sebagaimana adanya, enggak perlu lagi diubah-ubah. Memang itulah Mas Ganjar, itulah calon presiden kita sehingga tidak perlu lagi ada yang diubah karena memang begitu tampilannya," kata Eko di Media Center TPN, Jakarta, Selasa (12/12) malam.

Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa dalam debat berikutnya capres nomor urut 3 tersebut akan menggunakan strategi yang berbeda.

"Soal strategi mungkin agak berbeda-beda ya tergantung dari kondisi, tetapi tampilan, pengetahuan, itu apalagi yang perlu ditingkatkan? Kalau pengalaman dia, pengetahuan dia, komitmen dia itu sudah menyatu," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa Ganjar tidak memiliki beban saat berdebat dengan dua capres lainnya.

"Karena dari Mas Ganjar, karena apa yang dia bicarakan itu sudah dia lakukan, apa yang dia katakan itu menjadi komitmen. Seperti yang dikatakan Mas Ganjar tadi, antara perkataan, perbuatan, dan pikiran itu sudah menyatu sehingga enggak ada beban dalam berdebat tadi," ujarnya.

Baca juga: Ganjar janji bereskan kasus pelanggaran HAM masa lalu
Baca juga: KPU evaluasi penyelenggaraan debat perdana Pilpres 2024


Ia juga mengatakan bahwa komitmen Ganjar mengenai penegakan hukum disampaikan dengan sangat tegas selama debat berlangsung.

"Dan komitmennya tadi sangat tegas bahwa besok-besok tidak ada lagi persoalan hukum yang ngambang, persoalan hukum yang tertunda. Bahkan, penuntasan kasus-kasus HAM (hak asasi manusia) tadi sudah disampaikan dengan jelas, begitu pun dalam penanganan korupsi," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Baca juga: Anies banyak singgung penegakan hukum dan keadilan saat debat pertama
Baca juga: Debat capres, penegakan hukum jadi topik terbanyak disampaikan Prabowo
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023
Hari ke-16 kampanye, Anies ke Pekanbaru Cak Imin Umroh Sebelumnya

Hari ke-16 kampanye, Anies ke Pekanbaru Cak Imin Umroh

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih