pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hasto: Ganjar-Mahfud tekankan pentingnya keadilan hukum saat debat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Muhammad Ramdan
Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo-Mahfud Md. akan menekankan tentang pentingnya keadilan dalam penegakan hukum saat debat perdana.
 
Hasto menjelaskan bahwa paslon tersebut berkomitmen untuk mewujudkan keadilan dan penegakan hukum yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan negara tanpa merugikan pihak mana pun.
 
"Rakyat melihat keadilan itu sangat penting, keadilan dalam hukum, keadilan dalam politik, dan keadilan dalam pendistribusian aset-aset negara, persoalan konflik tanah. Nah, itu terjadi karena tidak ada keadilan dalam hukum," kata Hasto saat tiba di lokasi debat perdana, Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Selasa.
 
Terkait dengan demokrasi, pasangan calon nomor urut 3 itu juga akan menekankan pentingnya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan secara musyawarah sesuai dengan aturan, serta tidak merugikan masyarakat.
 
"Tentang demokrasi, rakyat melihat bagaimana kedaulatan itu di tangan rakyat. Jangan sampai misalnya tiba-tiba rancangan undang-undang untuk DKI gubernurnya ditunjuk. Nah, ini 'kan bahaya dalam demokrasi," katanya dengan tegas.
 
Ia menilai pasangan itu sangat memahami apa yang menjadi kehendak rakyat saat ini sehingga kedaulatan rakyat terkait dengan hukum, penegakan hak asasi manusia (HAM), dan demokrasi menjadi sesuatu yang akan mereka wujudkan.
 
Dalam tema debat pertama, calon presiden akan berbicara terkait dengan pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.
 
Debat pertama akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.
 
KPU RI telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Baca juga: Jubir AMIN: Anies kuat dalam semua tema debat perdana
Baca juga: TKN sebut Prabowo dalami program kerja untuk hadapi debat perdana
Baca juga: Arsjad Rasjid: Mohon dukungannya, insyaallah Ganjar-Mahfud siap debat
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Megawati absen debat perdana karena sedang di Australia Sebelumnya

Megawati absen debat perdana karena sedang di Australia

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah