pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar-Mahfud dapat dukungan dari relawan Gerak Matahari

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Relawan Gerak Matahari yang mendeklarasikan secara nasional mendukung Ganjar-Mahfud di Jakarta, Sabtu (2/12/2023). ANTARA/Muhammad Ramdan.
Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon nomor urut 3 dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. mendapat dukungan dari relawan Gerak Matahari yang mendeklarasikan secara nasional di Jakarta, Sabtu.

Koordinator Nasional Gerak Matahari Dzulqarnain mengatakan Gerak Matahari merupakan mantan relawan eksponen muda Muhammadiyah yang sebelumnya memberikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Kami kembali berkumpul untuk berjuang melalui Gerak Matahari, berjuang untuk memenangkan Ganjar-Mahfud," kata Dzulqarnain di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu.

Dzulqarnain mengatakan dukungan kepada Ganjar-Mahfud bukan tanpa alasan. Mereka menilai pasangan calon nomor urut 3 adalah calon pemimpin yang visi untuk Indonesia, komplet, berpengalaman, bersih, dan selaras antara ucapan dan tindakan.

Setelah deklarasi nasional, relawan Gerak Matahari juga akan melakukan konsolidasi dengan relawan yang ada di daerah seluruh Indonesia.

Baca juga: Tokoh Keuskupan Ende: Ganjar-Mahfud adalah pasangan pemersatu bangsa
Baca juga: KPU tegaskan debat capres digelar tiga kali, cawapres dua kali


Adapun basis besar relawan Gerak Matahari tersebar di 10 provinsi, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

"Kami akan berusaha menyosialisasikan prinsip dan nilai-nilai baik yang ada pada Ganjar-Mahfud. Tidak melakukan kampanye hitam, tetapi lebih memberikan pemahaman tentang apa yang dimiliki dari Ganjar-Mahfud," ujar Dzurqarnain.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menatapkan tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, dengan nomor urut sebagai berikut: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan jadwal pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies Baswedan: KPK akan diisi orang-orang berintegritas
Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran diajak kampanye dengan santun
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023
Ganjar kagum tradisi Hus di Pulau Rote Sebelumnya

Ganjar kagum tradisi Hus di Pulau Rote

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran