pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Prabowo minta mandat kepada rakyat untuk pimpin Indonesia

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kedua kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai Musyawarah Kerja Nasional III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Sabtu (2/12/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto meminta mandat kepada rakyat untuk menjadi Presiden RI, yang disampaikannya saat menghadiri acara Musyawarah Kerja Nasional III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Sabtu.

"Saya berdiri di hadapan bapak-bapak sekalian karena itu saya berdiri di depan rakyat Indonesia saya minta mandat untuk kita ubah nasib bangsa kita," kata Prabowo dalam pidato politiknya dalam acara tersebut.

Ia mengatakan bahwa apabila tidak diberi mandat, maka akan pensiun dari kontestasi pemilu presiden.

"Tapi kalau saudara tidak memberi mandat kepada saya, tidak apa-apa. Saya seorang patriot, saya akan naik gunung, pensiun," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dirinya hanya ingin melihat Indonesia menjadi bangsa yang terhormat, salah satunya dengan memberantas kemiskinan.

"Buku yang ada di hadapan bapak-bapak semua ada di situ, proyek-proyek kami (Prabowo-Gibran), program kami ada di situ. Kami bertekad membuat terobosan, kami insyaallah akan hilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan kehadiran calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam acara tersebut merupakan bentuk silaturahmi dan menghormati ulama serta MUI, sebagai wadah para ulama di Indonesia.

"Kalau diundang MUI tempat wadahnya para ulama di Indonesia, yang terdiri dari berbagai ormas Islam ya harus kita hormati. Karena itu Pak Prabowo menghadiri dan menyampaikan orasi dengan senang, lebih dari satu jam," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo akan ikuti doa bersama dengan 2.000 kiai di Banten 
Baca juga: Prabowo: Kekayaan negara harus dinikmati seluruh masyarakat
Pewarta:
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023
Ganjar serap aspirasi perempuan dan disabilitas di Indonesia Timur Sebelumnya

Ganjar serap aspirasi perempuan dan disabilitas di Indonesia Timur

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah