pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Petugas gabungan tertibkan wilayah Jakut jelang pemilu dan Piala Dunia

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sebanyak 15 orang target operasi kriminalitas jalanan di antaranya sindikat geng motor, tawuran, hingga pencurian dengan kekerasan di wilayah Kalibaru, Cilincing ditangkap personel Polres Metro Jakarta Utara pada Kamis (19/10/2023). ANTARA/Abdu Faisal
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan dari Kepolisian, Komando Distrik Militer 0502, Pengadilan Negeri, Kantor Imigrasi dan Pemerintah Kota Jakarta Utara menertibkan wilayah menjelang Pemilihan Umum 2024 dan Piala Dunia FIFA U-17.

Pada pukul 05.30 WIB, wilayah Kalibaru, Cilincing, dicek oleh sejumlah personel Polres Metro Jakarta Utara dan Polsek Cilincing karena diduga menjadi lokasi persembunyian pelaku kriminalitas jalanan.

"Lokasi yang menjadi target operasi kita berada wilayah di Gang Macan dan sekitarnya, hingga sekitar wilayah Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara AKBP Iverson Manossoh di Jakarta, Kamis.

Kemudian, 15 orang target operasi kriminalitas jalanan di antaranya sindikat geng motor, tawuran hingga pencurian dengan kekerasan berhasil ditangkap polisi pada Kamis pukul 08.40 WIB.

Iver juga menambahkan, 15 orang yang ditangkap membawa barang bukti berupa senjata tajam dan alat kekerasan lainnya, alat hisap (bong) dan sejumlah telepon genggam.

Baca juga: Cegah kericuhan, polisi lakukan simulasi pengamanan Pemilu 2024

Beberapa di antaranya adalah pelaku yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) karena terlibat geng motor yang melukai warga masyarakat bahkan ada korban meninggal dunia.

"Ke depan kami akan turun terus ke lapangan secara berkala untuk melakukan kegiatan lanjutan dari operasi penegakan hukum ini untuk memberi rasa aman," kata Iver.

Pihaknya juga menggandeng para pemuka agama, seperti Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Jakarta Utara Ibnu Abidin serta Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama untuk menitipkan pesan kepada masyarakat agar tertib dan Pemilu damai di Jakarta Utara.

Sejumlah lokasi yang mesti diwaspadai adalah kawasan padat penduduk seperti di pesisir komplek permukiman yang dinamakan Wika. Kemudian ada di komplek permukiman di Koja, Kalibaru, Marunda, dan beberapa wilayah lain yang selama ini meresahkan.

"Kami juga lakukan penegakan hukum kepada kelompok dan individu yang selama ini melakukan kejahatan jalanan yang sangat meresahkan masyarakat," kata Iver.

Baca juga: Imigrasi Jakut deportasi 130 WNA sepanjang 2023

Apalagi memasuki tahapan pemilu, menurut dia, aparat Kepolisian Jakarta Utara berkewajiban untuk memberikan rasa aman bagi seluruh warga. Hal itu gar pemilu ini dapat berjalan aman dan lancar.
 
Beberapa pasal yang bisa dikenakan terhadap para pelaku yang ditangkap Kamis ini, antara lain Undang-Undang Kepemilikan Senjata Tajam (Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, kemudian Pasal 170 KUHP.
 
"Jadi hukumannya beragam kita akan lihat masing masing dengan bukti yang ditemukan. Kita akan lakukan pendalaman pada kelompok yang terlibat, dan akan terus kami kejar. Tentunya kita akan beri rasa aman pada masyarakat," ujar Iver.

Pukul 09.30 WIB, giliran wilayah Papanggo-Sunter Agung, Tanjung Priok, yang didatangi oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo beserta jajaran terkait kesiapan Piala Dunia U17 FIFA.

Baca juga: Polisi lakukan simulasi teknik pengamanan cegah kericuhan Pemilu

Heru menilai JIS mesti siap 100 persen menghelat turnamen sekelas Piala Dunia U17 FIFA. Dan kini kurang dari satu bulan lagi, jembatan penyeberangan orang (JPO) hingga rumput yang penyelesaiannya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum juga rampung.

"Sekarang posisinya masih 90 sampai 95 persen. Tinggal jembatan sama rumput sedikit lagi minggu depan harus sudah selesai," kata Heru.

Dia tidak merinci kendala yang dihadapi petugas Dinas Bina Marga hingga PT Jakarta Propertindo (Perseroda) di lapangan karena saat ini persiapan JIS sebagai arena pertandingan Piala Dunia U17 FIFA dinilai masih bisa selesai sesuai jadwal (on schedule) yaitu akhir Oktober 2023, siap tidak siap, mesti siap.

Pukul 15.00 WIB, petugas operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kota Jakarta Utara bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mendatangi apartemen di wilayah Pluit, Penjaringan, untuk mendata dan memeriksa berkas dokumen keimigrasian penghuni apartemen itu.
 
Kondisi rumput Jakarta International Stadium pada Kamis (19/10/2023) pukul 09.30 WIB. ANTARA/Abdu Faisal

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Bong Bong Prakoso Napitupulu menerangkan, sasaran operasi kali ini adalah kepatuhan sekitar 168 unit penghuni apartemen terhadap ketentuan izin tinggal serta ketertiban administrasi.

Terlebih, dalam waktu dekat, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U17 FIFA.

"Operasi hari ini yang kami laksanakan sifatnya adalah pendataan dan tertib administrasi," ujar Bong Bong.
Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Bong Bong Prakoso Napitupulu memimpin pengarahan operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) pada Kamis (19/10/2023). ANTARA/Abdu Faisal
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023
Dosen Unair: Waspada hasil survei politik dijadikan sarana kampanye Sebelumnya

Dosen Unair: Waspada hasil survei politik dijadikan sarana kampanye

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah