pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kata Gerindra Ketua MPR tradisinya diserahkan partai penyeimbang

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (ANTARA FOTO/Imam B)
Karena itu sejak awal, teman-teman partai dan fraksi mendorong saya untuk menjadi calon Ketua MPR bila teman-teman MPR lainnya memberi dukungan
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengingatkan bahwa tradisinya posisi Ketua MPR diserahkan kepada partai yang menjadi penyeimbang dari koalisi pemerintah.

"Karena itu sejak awal, teman-teman partai dan fraksi mendorong saya untuk menjadi calon Ketua MPR bila teman-teman MPR lainnya memberi dukungan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan dalam waktu singkat, Gerindra akan menyampaikan pandangan dan sikap tersebut dalam pembicaraan awal saat penentuan Pimpinan MPR.

Baca juga: Pelantikan DPR, DPD, MPR 2014-2019 - Inilah kilas baliknya

Muzani mengatakan Gerindra sudah mengkomunikasikan kepada semua partai yang ada di MPR dan sebagian kelompok DPR sudah diinformasikan.

Menurut dia, partai koalisi pemerintahan menanggapi pandangan Gerindra tersebut dengan baik untuk perubahan dan perbaikan demokrasi.

"Ada yang macem-macem orang memberi respon menunggu keputusan partainya, menunggu dawuh pimpinannya segala macem," ujarnya.

Muzani berharap terjadi konsensus antar-fraksi dan kelompok DPD RI dalam menentukan Ketua MPR RI periode 2019-2024 sehingga Gerindra akan menyosialisasikan gagasannya dalam bentuk lobi-lobi.

Baca juga: Brigitta-Sabam pimpin sidang paripurna pelantikan MPR

Namun menurut dia, dalam Tata Tertib DPD RI dikatakan kalau konsensus tidak tercapai maka tidak bisa dihindari mekanisme pemungutan suara atau voting.

"Namun, tidak seperti dulu menggunakan sistem paket, artinya siapa pun yang akan menjadi ketua orang yang ditunjuk dan yang kalah menjadi wakil ketua. Apabila saya terpilih menjadi Ketua MPR maka yang lain menjadi wakil ketua," tuturnya.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Legislator milenial ini ingin tampung aspirasi anak muda Sebelumnya

Legislator milenial ini ingin tampung aspirasi anak muda

Bawaslu: Sidang pelanggaran tuntas sebelum penetapan hasil pemilu Selanjutnya

Bawaslu: Sidang pelanggaran tuntas sebelum penetapan hasil pemilu