counter

Senior PAN: Arus bawah kader ingin partai jadi oposisi

Perludem usulkan Pilkada DKI Jakarta tahun 2022
Senior Instruktur DPP PAN Icu Zukafril memberikan keterangan pers usai diskusi bertajuk "Oposisi Tugas Suci Amanat Rakyat 2019", di Padepokan Pencak Silat, Jakarta, Jumat (2/8/2019). ANTARA/Imam B/aa
Memang oposisi. Saya keliling dan diundang memberi pembekalan ada namanya latihan kader amanat madya di beberapa daerah itu, denyut-denyut nadi mereka itu memang oposisi
Jakarta (ANTARA) - Senior Instruktur DPP PAN Icu Zukafril mengatakan arus bawah kader partai tersebut menginginkan agar PAN menjadi partai di luar pemerintahan atau oposisi, dengan menjalankan fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

"Memang oposisi. Saya keliling dan diundang memberi pembekalan ada namanya latihan kader amanat madya di beberapa daerah itu, denyut-denyut nadi mereka itu memang oposisi," kata Icu usai diskusi bertajuk "Oposisi Tugas Suci Amanat Rakyat 2019", di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Amien sebut PAN oposisi lebih bermartabat

Icu mengatakan telah telah mendengar keinginan kader PAN di tingkat bawah terkait arah politik setelah Pilpres 2019 dan menginginkan PAN mau menjadi oposisi.

Menurut dia, kader PAN tidak merasa malu memilih jalan menjadi oposisi dan siap mengawal program pemerintahan Jokowi agar berpihak kepada rakyat.

"Kalau bisa dikatakan, para kader sudah tidak mampu menegakkan kepala kalau PAN tidak menjadi oposisi," ujarnya.

Dia menyadari di tingkat elite PAN masih ragu-ragu dalam menentukan sikap politik untuk menjadi oposisi karena masih berupaya masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Dia menilai ada elite PAN yang "berselancar" karena ingin menyelamatkan diri dan itu hal biasa, namun pemilik sebenarnya partai adalah kader.

"Elite ini kan tiap lima tahun melaksanakan kongres, kalau kongre tidak menghendaki maka selesai. Namun kalau kader itu permanen sampai mati," katanya.

Menurut dia, dirinya dan beberapa kader membuat kajian dan diskusi, dan hasil agregasi itu kita buat perumusan, makanya kita perlu buat FGD berkelanjutan atau berseri.

Baca juga: Pengamat sarankan PAN jadi oposisi

MPR akan terus lakukan silaturahmi dengan parpol dan ormas

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Polisi amankan enam orang usai pleno KPU Mimika Sebelumnya

Polisi amankan enam orang usai pleno KPU Mimika

Pilkades serentak Kabupaten Tegal Selanjutnya

Pilkades serentak Kabupaten Tegal