counter

Empat partai dominasi kursi DPRD Rejang Lebong

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Kantor DPRD Kabupaten Rejang Lebong. (Foto dok.Antarabengkulu.com)
Rejang Lebong (ANTARA) - Empat partai di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada pemilu serentak 17 April 2019 lalu berhasil mendominasi perolehan kursi dewan setempat.

Anggota KPU Rejang Lebong, Fahamsyah di Rejang Lebong, Selasa, mengakui fenomena adanya partai politik mumpuni yang tidak mendapatkan kursi dewan, sebaliknya parpol baru yang mendapatkan kursi signifikan di daerah itu.

Baca juga: Baru enam KPU kabupaten/kota di Riau tetapkan caleg terpilih
Baca juga: Tiga srikandi terpilih menjadi anggota DPRD Pasaman Barat


"Kita tidak bisa mencampuri urusan partai politik, ini mungkin ada masalah internal di partai politik masing-masing dan mungkin juga ada strategi yang salah atau juga figur yang menjadi calonnya tidak menjual," ujar dia.

Adanya partai politik yang mendapatkan kursi lebih banyak ini tambah dia, tidak terlepas dari peran pengurus partai serta calonnya di lapangan guna mendapatkan simpati pemilih di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, berdasarkan data penetapan kursi dan calon terpilih yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KPU Rejang Lebong pada Senin sore diketahui jika dari 16 parpol peserta pemilu di wilayah itu, terdapat empat parpol yang berhasil merebut kursi terbanyak diraih Partai Golkar yaitu lima kursi, dua kursi diantaranya direbut di Dapil IV, jumlah kursi ini bertambah dibandingkan perolehan pada pemilu 2014 lalu sebanyak empat kursi.

Kemudian tiga parpol lainnya masing-masing merebut empat kursi dewan yakni PDI Perjuangan, di mana perolehan ini masih sama dengan hasil pemilu sebelumnya. Partai Demokrat yang pada pemilu 2014 mendapatkan tiga kursi dan partai baru Perindo.

Selain adanya empat partai yang menguasai perolehan kursi dewan, dalam rapat pleno terbuka ini juga diketahui adanya parpol besar yang tidak memperoleh kursi dewan yakni PPP yang pada pemilu sebelumnya mendudukkan tiga orang wakil.

Kemudian Partai Gerindra dari empat kursi turun menjadi dua kursi, PAN dan Hanura dari tiga kursi menjadi dua kursi, sedangkan NasDem masih bertahan tiga kursi. Selanjutnya PKB dari satu kursi bertambah jadi dua kursi dan PKS tetap dua kursi. Sementara itu, PPP, PSI, PBB, Partai Garuda, PKPI dan Berkarya tidak memperoleh kursi dewan.

Baca juga: Parpol Kapuas Hulu berharap penetapan caleg terpilih tak ditunda
Baca juga: 66 persen caleg terpilih Batang didominasi petahana

Empat Parpol tak peroleh kursi DPRD Banten

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Sidang Pileg, Hakim: kantor kami sudah seperti gudang Sebelumnya

Sidang Pileg, Hakim: kantor kami sudah seperti gudang

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik Selanjutnya

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik