counter

Pengamat: Golkar salah satu partai solid dukung Jokowi

DKPP rehabilitasi ketua KPU - Bawaslu terkait Bupati Mandailing Natal
Arsip Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai menghadiri Halal Bihalal DPD Partai Golkar Jawa Barat, di Kantor DPD Partai Golkar Jabar, Jalan Maskumambang Kota Bandung, Jumat (14/6/2019). (Dok ASJ)
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto menjadi salah satu partai yang paling solid mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Golkar merupakan salah partai yang paling solid pasang badan dan mendukung Jokowi," kata Adi kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Adi mengatakan menteri dan anggota DPR dari Golkar terlihat secara penuh mendukung Jokowi. Mulai dari dukungan politik hingga kontra narasi mengatasi isu-isu negatif terhadap pemerintah.

Airlangga juga dipandang mampu mengonsolidasi berbagai elemen faksi politik di Golkar menjadi satu kekuatan yang solid.
​​​​​
​Hal tersebut menurutnya, tidak lepas dari kemampuan Airlangga menjaga soliditas internal Golkar dengan stabil.

"Ini bukan perihal mudah karena Golkar memiliki 'DNA' gejolak internal yang dinamis," kata dia. ​​​​​​

Dia menyatakan hampir tidak ada protes apapun selama Airlangga memimpin Golkar. Mulai dari kebijakan loyal di koalisi pilpres hingga soal komposisi di partai dan Senayan.

Atas dasar itu, kata dia, saat ini tidak ada peristiwa luar biasa yang dapat menjadi alasan untuk mempercepat Munaslub Golkar.

Dia mengatakan Airlangga sejauh ini mampu mengonsolidasi semua unsur kekuatan Golkar terutama di masa turbulensi yang terjadi pasca-Setya Novanto lengser dari posisi ketua umum.

"Buktinya perolehan pileg Golkar sangat signifikan. Padahal Golkar sempat dihantam turbulensi politik akibat kasus Setnov," jelas dosen UIN Syarif Hidayatullah itu.

Pemeriksaan Bupati Indramayu pasca OTT

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Warga Pamekasan deklarasi tolak kerusuhan Sebelumnya

Warga Pamekasan deklarasi tolak kerusuhan

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta Selanjutnya

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta