counter

KPU NTT siap hadapi gugatan di MK

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)
Kami belum mendapat informasi peserta Pemilu 2019 di NTT yang mengajukan gugatan atau keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), tetapi pada prinsipnya kami sudah siap
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menghadapi gugatan, yang akan disampaikan oleh peserta Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami belum mendapat informasi peserta Pemilu 2019 di NTT yang mengajukan gugatan atau keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), tetapi pada prinsipnya kami sudah siap," kata Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu kepada Antara, Jumat.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kesiapan lembaga penyelenggara Pemilu itu untuk menghadapi gugatan terhadap hasil Pemilu di NTT ke Mahkamah Konstitusi.

Saat ini, kata mantan Ketua KPU Manggarai Barat itu, pihaknya masih menunggu sampai pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat nasional selesai.

Menurut dia, pihaknya tetap menunggu hingga selesai pleno tingkat pusat sekitar tanggal 22-25 Mei.

"Tapi sampai sekarang kita belum dapat informasi tentang gugatan peserta Pemilu. Karena itu kita tunggu hingga selesai pleno," kata Thomas Dohu.

Dia mengatakan, setelah pleno rekapitulasi nasional barulah ada waktu bagi peserta Pemilu yang berkeberatan untuk mengajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi untuk penetapan para calon terpilih itu kita tunggu sampai semua selesai. Kalau ada gugatan, kita tunggu sampai ada putusan MK," katanya menjelaskan.

Baca juga: Ketua KPU NTT bacakan hasil pemilu dalam pleno rekapitulasi nasional
Baca juga: KPU NTT catat 11 penyelenggara Pemilu meninggal
Baca juga: Berita politik menarik, Bawaslu soal hitung cepat dan KPU soal situng

KPK cecar 24 pertanyaan ke Sekjen PDIP

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Ketua KPU NTT bacakan hasil pemilu dalam pleno rekapitulasi nasional Sebelumnya

Ketua KPU NTT bacakan hasil pemilu dalam pleno rekapitulasi nasional

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai