pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kiai Ma'ruf buka rahasia bagaimana menjaga stamina selama kampanye

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin beserta istri Wury Estu Handayani, usai menghadiri kegiatan Harlah NU dan Haul Akbar KH Raden Abdul Fatah, di Alun-alun Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2019). (Antaranews/Riza Harahap)
Temanggung (ANTARA) - Cawapres nomor 01, KH Ma'ruf Amin membuka sedikit rahasianya bagaimana menjaga kondisi kesehatan dan staminanya sehingga tampak selalu segar menjalani kampanye pemilu 2019 ke berbagai daerah yang jadwalnya sangat padat.

"Saya jalani kampanye biasa saja. Saya mendatangi ke lokasi-lokasi yang sudah dijadwalkan di berbagai daerah," kata Ma'ruf Amin usai menghadiri kegiatan Harlah NU dan Haul Akbar KH Raden Abdul Fatah ke-113, di Alun-alun, Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu.

Kiai Ma'ruf menjelaskan, bahwa jadwalnya pada hari Kamis (28/3) ke Yogyakarta, Jumat (29/3) ke Sumatera Utara, Sabtu (30/3) Debat Capres di Jakarta, dan selanjutnya.

Istri Kiai Ma'ruf, Nyai Wury Estu Handayani, yang selalu mendampinginya di setiap kegiatan dan perjalanannya kampanye pemilu presiden 2019, memastikan kondisi kesehatan sang kiai tetap sehat, meskipun kegiatannya padat.

Nyai Wury menyebut, Kiai Ma'ruf cukup disiplin dalam menjaga kondisi kesehatannya. "Kiai Ma'ruf Amin menjaga makanan seperti yang disarankan dokter. Dokter juga menyarankan, yang penting minum air putih banyak dan cukup istirahat," katanya.

Wury menceritakan, kalau Abah Ma'ruf merasa masih belum cukup tidur di rumah, bisa tidur di mobil dalam perjalanan. "Dokter juga mengecek kesehatan Abah Kiai setiap pagi," katanya.

Nyai Wury mengingatkan, dalam menjaga kondisi kesehatan, kuncinya adalah disiplin. "Abah Ma'ruf terbukti bisa menjaga waktu istirahatnya dan banyak meminum air putih," katanya.

Ketika ditanya, apakah Kiai Ma'ruf kadang-kadang melanggar disiplin makanan? "Ya selalu nurut kok sama dokter dan ibu," jawab Nyai Wury.

Si Abah Kiai Ma'ruf malah tertawa mendengar jawaban istrinya. Lalu nyeletuk, "Paling sekali-sekali nyuri-nyuri makan. Sekali-sekali nyuri makan tak apa," kata Kiai Ma'ruf terus tertawa.

Kiai Ma'ruf pada usinya yang sudah memasuki 76 tahun, tapi staminanya masih kuat. Sejak sebelum kampanye terbuka hingga saat ini, Kiai Ma'ruf terus melakukan safari ke berbagai daerah.

Pilpres 2019 diikuti dua capres, yaitu no 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Baca juga: Ma'ruf Amin hadiri Harlah NU dan Haul di Wonosobo

Baca juga: Ma'ruf Amin minta doa restu warga NU Wonosobo

Baca juga: Kiai Ma'ruf hentikan pidatonya saat dengar suara adzan
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
DPR: aturan hitung cepat agar Pemilu Luber dan Jurdil Sebelumnya

DPR: aturan hitung cepat agar Pemilu Luber dan Jurdil

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih