pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Mahfud MD nilai pembuat hoaks "anaknya iblis"

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (kedua kiri) menyimak pemaparan dari Koordinator Jaringan Gusdurian Alissa Wahid (kiri) saat Dialog Kebangsaan Seri VIII di Stasiun Gubeng Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/2/2019). Dialog yang merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Suluh Kebangsaan itu mengangkat tema Meneladani Patriotisme Arek Surabaya Bagi Indonesia Emas 2045. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj. (ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO)
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD menyebut pembuat hoaks yang belakangan marak beredar melalui media sosial adalah setan, atau "anaknya iblis".

"Menurut saya, yang buat hoaks ini bukan salah satu kubu dari dua pasangan calon presiden yang akan berkontestasi di Pemilihan Umum 2019, melainkan pihak ketiga yang memang sengaja ingin mengadu domba," katanya kepada wartawan usai menggelar diskusi Jelajah Kebangsaan yang bertempat di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jatim, Kamis.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu lantas menyayangkan dari masing-masing kubu calon presiden yang kemudian termakan hoaks yang sejatinya memang sengaja dilempar oleh pihak ketiga dengan tujuan memecah belah.

"Fitnah-fitnah melalui hoaks ini selalu diproduksi oleh pihak ketiga meskipun telah diluruskan," ujar pakar hukum tata negara kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur, tahun 1957 ini.

Dia menandaskan, dari hoaks yang sengaja diciptakan tersebut, kemudian menyebabkan saling tuding di tengah masyarakat berdasarkan ikatan primordial.

"Hoaks ini selalu diproduksi dengan mengatasnamakan perjuangan, namun justru mengoyak ikatan kebangsaan," tuturnya.

Karenanya Mahfud membuat Gerakan Suluh Kebangsaan. Salah satu kegiatannya adalah Jelajah Kebangsaan, yang berlangsung sejak 18 Februari lalu, menggunakan moda transportasi kereta api, dengan singgah di sejumlah stasiun untuk menggelar diskusi kebangsaan, dimulai dari rute Merak, Banten dan berakhir di Banyuwangi, Jawa Timur, pada petang hari ini.

"Melalui Jelajah Kebangsaan ini kami ingatkan agar masyarakat menunjukkan sikap patriotisme terhadap bangsa dan negara dengan menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin melalui Pemilu Presiden dan Legislatif pada 17 April mendatang. Jangan termakan hoaks karena menurut saya pembuatnya adalah setan, anaknya iblis," ucapnya.

Baca juga: Luhut Panjaitan minta mahasiswa USU hindari berita hoaks

Baca juga: TKN: Penyebaran hoaks akan semakin masif mendekati hari h pemilu

Baca juga: Dewan Pers: Media massa harus kedepankan edukasi pemilu


 
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
BPN nilai Jokowi gunakan isu "unicorn" serang Prabowo Sebelumnya

BPN nilai Jokowi gunakan isu "unicorn" serang Prabowo

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024