Tingkatkan partisipasi pemilih, KPU Kota Cirebon rekrut relawan demokrasi

Berkah Pemilu, percetakan kebanjiran order
KPU (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Cirebon (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat, akan merekrut relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.

"Program relawan demokrasi ini dilatar belakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun," kata Komisioner KPU Kota Cirebon, Dedi Haerudi di Cirebon, Sabtu.

Dia mengatakan, selama empat kali Pemilu, partisipasi masyarakat terus menurun, di mana pada Pemilu tahun 1999 tingkat pemilih mencapai 92 persen.

Kemudian di tahun 2004 menurun menjadi 84 persen, di tahun 2009 juga mengalami penurunan, di mana tingkat pemilih pada waktu itu hanya 71 persen dan Pemilu tahun 2014 naik sedikit yaitu menjadi 73 persen.

Dengan kondisi seperti itu, maka KPU Kota Cirebon akan merekrut relawan demokrasi yang akan melibatkan masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis.

"Yaitu basis pemilih keluarga, pemula, muda, perempuan, disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, basis internet dan relawan demokrasi," ujarnya.

Dia menjelaskan relawan demokrasi akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota.?

"Diharapkan peran serta masyarakat ini mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi dan tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan hak pilih," tuturnya.

KPU Kota Cirebon, akan merekrut relawan demokrasi sebanyak 55 orang dengan pembagian lima orang di setiap basis.

Nantinya lanjut Dedi, relawan demokrasi akan mengikuti "Training Of Trainers" (TOT) dengan diberikan empat materi yaitu pertama pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi, dua pemahaman teknis tahapan pemilu strategis.

Ketiga kode etik relawan dan yang terakhir adalah teknik berkomunikasi dan materi lainnya. "Rekrutmen relawan demokrasi dimulai bulan Januari ini dan mulai terjun ke lapangan minggu ke empat bulan Januari sampai April," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Tengah rekrut relawan demokrasi
Baca juga: Rekrutment relawan demokrasi untuk tingkatkan kualitas pemilu
Baca juga: KPU berharap relawan demokrasi tumbuhkan kesadaran pentingnya pemilu
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Sandiaga Uno apresiasi PDI Perjuangan kirim karangan bunga selamat Sebelumnya

Sandiaga Uno apresiasi PDI Perjuangan kirim karangan bunga selamat

Sebanyak 21.000 Pendarat Tuban siap menangi Jokowi-Ma'ruf Selanjutnya

Sebanyak 21.000 Pendarat Tuban siap menangi Jokowi-Ma'ruf