pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pleno KPU Kalsel, Golkar raih kursi terbanyak DPR RI dan DPRD Provinsi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa dan tim komisioner ditemui saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara untuk 13 wilayah kabupaten dan kota di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)
Banjarmasin (ANTARA) - Rapat pleno terbuka rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Sabtu menetapkan perolehan suara Pemilu Legislatif 2024 baik tingkat DPRD Provinsi Kalsel, DPR RI maupun DPD RI, dimana Partai Golkar meraih kursi terbanyak. 

Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara untuk 13 wilayah kabupaten dan kota di Kalsel menyebutkan untuk tingkat DPRD Provinsi,  Partai Golkar meraih 13 kursi, disusul Partai Nasdem 10 kursi dan Partai Gerindra tujuh kursi, sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional masing-masing mendapatkan enam kursi.

Kemudian PDI Perjuangan dan Partai Demokrat tiga kursi disusul Partai Persatuan Pembangunan satu kursi.

"Jadi untuk periode 2024-2029, DPRD provinsi 55 kursi, DPR RI 11 kursi dan DPD RI empat kursi telah diketahui siapa saja caleg terpilih dengan perolehan suara terbanyak," kata Andi.

Sementara untuk DPR RI, Partai Golkar meraih tiga kursi, sama dengan perolehan PAN.

Wakil rakyat asal dua Dapil di Kalsel yang melenggang ke Senayan yakni Dapil 1 Bambang Heri Purnama dan Sandi Fitrian Noor dari Partai Golkar, Rifqinizamy Karsayuda dari NasDem, Habib Aboe Bakar Al Habsyi dari PKS, Muhammad Rofiqi dari Partai Gerindra dan Pangeran Khairul Saleh dari PAN.

Untuk Dapil II Endang Agustina dan Sudian Noor dari PAN, Hasnuryadi Sulaiman dari Partai Golkar, Hj Mariana dari Partai Gerindra dan Rahmat Trianto dari Nasdem.

Adapun untuk empat senator terpilih mewakili Kalsel di DPD RI yakni Habib Zakaria Bahasyim, Muhammad Hidayattollah, H Gusti Farid Hasan Aman dan Habib Hamid Abdullah.

Tenri mengatakan pihaknya dijadwalkan mengikuti rapat pleno terbuka untuk tingkat nasional di KPU RI pada 12 Maret 2024 mendatang.

"Rapat pleno nasional dilaksanakan setelah KPU RI melaksanakan pemungutan suara ulang di Kuala Lumpur," ujarnya.
Baca juga: KPU Kalsel tuntaskan rekapitulasi 12 wilayah kabupaten
 
Pewarta:
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024
Kejanggalan pada rapat pleno, Bawaslu NTB soroti kinerja Ad Hoc Sebelumnya

Kejanggalan pada rapat pleno, Bawaslu NTB soroti kinerja Ad Hoc

MK tolak gugatan PPP soal dugaan kecurangan Pileg di Papua Tengah Selanjutnya

MK tolak gugatan PPP soal dugaan kecurangan Pileg di Papua Tengah