pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Prabowo janji tambah dokter dan beri makanan bergizi gratis

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terlihat tampil berbeda dalam balutan jaket yang didominasi warna biru langit dan putih ketika menghadiri debat kelima capres di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. ANTARA/Youtube-KPU RI

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan strategi kesehatan pasangan Prabowo-Gibran untuk meningkatkan angka harapan hidup, yaitu memenuhi jumlah dokter dan menyediakan makanan bergizi gratis untuk para pelajar dan ibu-ibu hamil.

Dia menilai strateginya itu merupakan kebijakan yang solutif karena langsung menyasar pada persoalan-persoalan yang konkret dialami masyarakat, misalnya, kurangnya dokter spesialis dan alat-alat kesehatan yang memadai di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat kabupaten/kota.

"Saya lebih ke arah solutif, langsung dan cepat. Masalah kesehatan di Indonesia kurangnya dokter. Kita kurang 140.000 dokter, itu utama. Bayangkan, kalau ada yang kena stroke atau serangan jantung, (itu) dua sebab kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau spesialis stroke, tidak ada perlengkapan-perlengkapan yang memadai, (alat) CT Scan, (alat) PET Scan, jarang ada di kabupaten. Ini harus kita atasi dan ini bisa kita atasi," papar Prabowo menanggapi jawaban Capres Ganjar Pranowo saat segmen kedua debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Minggu malam.

Dia kemudian menambahkan strategi kesehatan pasangan Prabowo-Gibran yang dapat mencegah persoalan kesehatan di kemudian hari, yaitu menyediakan makan siang gratis dan mencukupi gizi serta nutrisi ibu-ibu hamil.

Baca juga: Ganjar siap kembalikan alokasi wajib anggaran kesehatan 5-10 persen

Baca juga: Anies: Permasalahan kesehatan harus diatasi lintas sektoral

Baca juga: Prabowo: Seluruh penyelenggara negara harus diperbaiki gajinya

"Yang paling penting, dalam preventif (upaya mencegah, red.), makanan bergizi untuk anak-anak dan ibu-ibu yang melahirkan. Makanan bergizi ini meningkatkan daya tahan, imunitas, mencegah penyakit. Ini strategis sekali, makanan bergizi untuk anak-anak Indonesia," ujar Prabowo.

Dalam segmen kedua debat, tiga calon presiden mendalami beberapa isu yang menjadi pertanyaan panelis, di antaranya kesehatan dan kebudayaan. Terkait isu kesehatan, pertanyaan yang diajukan ke para calon presiden, yaitu strategi mereka meningkatkan angka harapan hidup dan menciptakan kebijakan yang mengedepankan aspek-aspek pencegahan dan promosi hidup yang sehat.

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema-tema seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
Anies: Permasalahan kesehatan harus diatasi lintas sektoral Sebelumnya

Anies: Permasalahan kesehatan harus diatasi lintas sektoral

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti Selanjutnya

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti