pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bawaslu RI harap proses lipatan surat suara di Jayapura lancar

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota Badan Pengawas Pemilu RI Devisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenti didampingi tenaga ahli Bawaslu RI Ronald M Manoach dan Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura Zacharias SY Rumbewas, Komisioner Bawaslu Papua berbincang dengan Sekretaris KPU Kabupaten Jayapura Johny F Saman usai melakukan pemantauan langsung proses pelipatan dan penyortiran di Gudang Logistik KPU Kabupaten Jayapura, Puspenka Hawai, di Sentani, Jumat (19/1/2024). ANTARA/HO-Humas KPU Kabupaten Jayapura.
Sentani (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengharapkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Kabupaten Jayapura berlangsung aman dan lancar.

Anggota Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilu RI Lolly Suhenti di Sentani, Jumat, mengatakan pihaknya turun ke daerah di seluruh Indonesia secara langsung untuk memastikan kesiapan dalam tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024, khususnya dalam penyortiran dan pelipatan surat suara berjalan lancar.

“Logistik itu urgen atau mendesak sama seperti daftar pemilih tetap (DPT), di mana kalau tidak akurat (bermasalah) maka potensi orang tidak memilih itu besar, begitu pula dengan logistik kalau tidak melakukan proses ini dengan baik maka bisa menghalangi orang untuk memberikan hak politiknya,” katanya.

Dia berharap proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu dapat berjalan aman dan lancar, sehingga tidak ada masalah berarti, dan tahapan dan jadwal yang telah disusun KPU Kabupaten Jayapura bisa berjalan baik.

“Perlu diperhatikan KPU dan Bawaslu Kabupaten Jayapura untuk pelipatan surat suara ini bisa diselesaikan tepat waktu pada 20 Januari 2024,” ujarnya.

Dari informasi yang diperolehnya, kata Lolly, masih sekitar 100 koli yang harus diselesaikan para tenaga sortir dan lipat pada Jumat (19/1), baik surat suara DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten.

“Saya juga mendapatkan laporan bahwa dalam proses ini ada surat suara yang rusak, cacat karena ada becak titik tinta di dalam kolom nama, sehingga kalau mengacu kepada petunjuk teknis itu masuk kategori surat suara rusak,” katanya.

Dia menambahkan persoalan bercak atau titik tinta di surat suara dapat menimbulkan penafsiran di masyarakat bahwa surat suara tersebut sudah ditandai, padahal memang itu kesalahan saat pencetakan berlangsung.

“Kami juga minta supaya KPU melakukan penyortiran tahan kedua untuk memastikan tidak ada masalah lagi yang diperoleh dalam surat suara yang akan digunakan pada 14 Februari 2024,” ujarnya.

Anggota Bawalu RI Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenti didampingi tenaga ahli Bawaslu RI Ronald M Manoach dan Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura Zacharias SY Rumbewas, Komisioner Bawaslu Papua memantau proses pelipatan dan penyortiran surat suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Jayapura, Puspenka Hawai Sentani, Jumat (19/1).
 
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
KPU tempatkan Muhaimin di tengah saat debat keempat Sebelumnya

KPU tempatkan Muhaimin di tengah saat debat keempat

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah