pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Forkopimko Jaktim tinjau gudang logistik surat suara

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainah saat meninjau penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jaktim di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Kamis (18/1/2024). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur.
tidak boleh ada campur tangan pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab
Jakarta (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur meninjau gudang logistik KPU Jaktim yang tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Kamis.

Kegiatan itu dalam rangka memastikan proses pelipatan surat suara dilakukan dengan baik dan selesai tepat waktu.

Forkopimko yang hadir di antaranya Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, dan Dandim 0505 Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno.

"Pada intinya kami jajaran Forkopimko Jakarta Timur, Ketua Bawaslu Jakarta Timur, KPU Jakarta Timur melihat secara langsung dan memastikan secara langsung proses pelipatan surat suara," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly.

Forkopimko juga melihat penyegelan surat suara yang selesai dilipat dan dimasukkan ke dalam kardus.

"Harapan saya kegiatan ini selalu aman dan terkendali, tidak boleh ada campur tangan pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab, agar pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang kita semua inginkan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jaktim Iin Mutmainah mengatakan, jajaran Forkopimko dan Bawaslu bersama KPU mengapresiasi seluruh petugas yang menjalani tahapan pelipatan telah sesuai dengan yang ditetapkan KPU.

"Kami optimis bisa diselesaikan. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dan aparat yang telah melaksanakan kegiatan, tentunya kepada petugas yang dalam hal pengawasan dari TNI dan Polri yang telah membantu kesiapan logistik di gudang KPU di Jakarta Timur," kata Iin.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur menyebutkan hingga saat ini penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Jakarta Timur telah mencapai 80 persen.

"Jumlah surat suara yang di sortir dan dilipat mencapai 7.752.102 surat suara dari total kebutuhan 9.744.236 surat suara atau mencapai hampir 80 persen," kata Ketua KPU Jaktim Tedi Kurnia ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (16/1).

Dari jumlah surat suara yang telah disortir dan dilipat itu terdapat 2.573 surat suara yang rusak. Berdasarkan data dari KPU Jaktim, surat suara yang rusak itu antara lain, warna tidak merata, sobek, dan warna penanda tidak sesuai.

Jumlah surat suara itu, kata Tedi, akan terus bertambah karena penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung.

"Surat suara yang telah disortir dan dilipat itu untuk surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, serta caleg DPRD DKI dapil 4,5, dan 6," ucapnya.

Surat suara yang telah disortir dan dilipat, tambah dia, akan didistribusikan ke 10 kecamatan di Jakarta Timur pada akhir Januari 2024 untuk nantinya dimasukkan ke dalam kotak suara.

"Di Kecamatan Pulogadung ini ada 830 TPS, mereka akan menyortir ulang, hitung per ikat yang berisi 25 surat suara. Kemudian, akan dihitung kembali oleh mereka, untuk mengantisipasi adanya kelebihan atau kekurangan surat suara," kata Tedi.
Baca juga: H-30 pemungutan suara, sortir dan lipat surat suara capai 62,55 persen
Baca juga: Sortir surat suara hampir tuntas, KPU DKI tak berencana tambah pekerja
Baca juga: Sebanyak 13 juta surat suara sudah disortir dan dilipat
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
TPN jelaskan strategi Ganjar-Mahfud untuk sektor energi Sebelumnya

TPN jelaskan strategi Ganjar-Mahfud untuk sektor energi

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah