pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Presiden Jokowi disambut upacara kenegaraan di Hanoi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Vietnam Vo Van Thuong (kiri) menyapa anak-anak dalam upacara kenegaraan di Istana Presiden Vietnam, di Hanoi, pada Jumat (12/1/2024), ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kedatangan Presiden Joko Widodo di Hanoi, Vietnma, Jumat, disambut dengan upacara kenegaraan di Istana Presiden Vietnam.

Setibanya di halaman istana, Jokowi disambut langsung oleh Presiden Vietnam Vo Van Thuong.

Tampak juga sejumlah anak yang membawa bendera kecil Vietnam dan Indonesia turut menyambut kedatangan Jokowi.

Jokowi juga diberikan bunga tangan oleh seorang anak Vietnam, demikian keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI yang diterima di Jakarta, Jumat.

Setelahnya, Jokowi mengikuti prosesi upacara penyambutan kenegaraan yang diawali dengan lagu kebangsaan kedua negara, serta diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Selanjutnya, kedua pemimpin negara tersebut melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Baca juga: Jokowi kunjungi Monumen Pahlawan dan Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi

Jokowi dan Vo Van Thuong lalu memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara.

Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Sementara itu, dari pihak Vietnam diikuti oleh Menteri Luar Negeri Bui Thanh Son, Kepala Istana Presiden Vietnam Le Khanh Hai, Menteri Pertanian dan Pembangunan Desa Le Minh Hoan, Menteri Komunikasi dan Informasi Nguyen Manh Hung, Kepala Komite Rakyat Hanoi Tran Sy Thanh, dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong.

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Vietnam

Kemudian, Jokowi dan Vo Van Thuong berfoto bersama dan melakukan pertemuan bilateral.

Keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama di sejumlah bidang, antara lain dalam teknologi informasi dan komunikasi dan bidang perikanan, yang ditandai dengan pertukaran nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan penyampaian pernyataan pers bersama oleh kedua presiden negara tersebut. Setelah itu, Jokowi meninggalkan Istana Presiden Vietnam.

Baca juga: Presiden Jokowi joget bareng WNI dan pengendara ojol di Vietnam

Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
DEFEND ID sebut kualitas alutsista tidak dilihat dari baru atau bekas Sebelumnya

DEFEND ID sebut kualitas alutsista tidak dilihat dari baru atau bekas

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran