pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU RI harap debat pertama dapat meyakinkan pemilih menentukan pilihan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menghadiri debat perdana di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Rio Feisal/am.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari berharap pelaksanaan debat capres/cawapres yang pertama dapat meyakinkan pemilih untuk menentukan pilihan dalam Pemilu 2024.

"Kami berharap pada debat pertama ini calon presiden menggunakan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi serta program yang dapat meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya menjadi presiden 5 tahun mendatang," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia mengharapkan masyarakat Indonesia untuk dapat menyimak visi dan misi maupun program para capres.

Pada kesempatan ini, pihaknya berharap pemilih di mana pun berada melalui berbagai macam saluran penyiaran, menyaksikan dan menyimak visi dan misi, program calon presiden yang akan dijadikan bahan kampanye metode debat pada malam hari ini.

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antarcapres dan mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga: Jari telunjuk kanan dominasi gerak tubuh Anies saat debat
Baca juga: Debat perdana, Prabowo janji berantas korupsi hingga ke akar
Baca juga: Debat Capres, Ganjar paparkan visi pemerataan pembangunan SDM nasional


Sementara itu, debat kedua merupakan debat cawapres pada tanggal 22 Desember 2023. Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024. Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, serta hubungan internasional dan geopolitik.

Berikutnya debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024. Tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat kelima pada tanggal 4 Februari 2024. Tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

KPU telah menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (nomor urut 3).
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Ganjar: Pemerataan pembangunan butuh pemerintah bersih Sebelumnya

Ganjar: Pemerataan pembangunan butuh pemerintah bersih

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran