pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Round up - Hari kedua kampanye pasangan capres-cawapres

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan (kedua kanan) melakukan simulasi pencoblosan saat kampanye di Grand Sudirman Ballroom, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). Dalam kampanye di Kota Bandung, Anies Baswedan memberikan orasi di hadapan ribuan relawan dari partai pengusung. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
“Mereka mampir untuk berbagi cerita tentang perkembangan anak muda sekarang. […] Banyak cerita yang menarik dari mereka yang membuat saya gembira, ternyata banyak anak muda Indonesia yang bisa mengharumkan Bangsa Indonesia di bidangnya masing-masing,
Jakarta (ANTARA) - Kampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memasuki hari kedua pada Rabu (29/11).

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berikut tim sukses masing-masing punya strategi tersendiri untuk mendulang suara masyarakat nantinya saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin

Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) melanjutkan agenda mereka bertemu dengan masyarakat pada hari kedua kampanye Pilpres 2024.

Anies dan Muhaimin, yang pada hari pertama kampanye secara terpisah di dua lokasi berbeda, pada hari kedua tampil secara bersama-sama untuk pertama kalinya dalam Kongres Pemuda Perubahan di Smesco, Jakarta, Rabu.

Dalam acara itu, Anies dan Muhaimin berjanji mewujudkan aspirasi dari kelompok relawan Pemuda Perubahan jika keduanya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Aspirasi itu di antaranya menyangkut persoalan keamanan, hukum, dan pangan.

Kelompok relawan itu dipimpin oleh Affandi Ismail selaku Koordinator Umum Kongres Pemuda Perubahan.

Kemudian, Anies dan Muhaimin lanjut menghadiri acara konsolidasi konsolidasi nasional pemenangan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Ancol, Jakarta, Rabu malam.

Anies dan Muhaimin di hadapan para kader PKB menyampaikan ucapan terima kasih karena atas kerja kader-kader partai survei pasangan AMIN mulai merangkak naik. “Kerja keras kalian sudah mulai kelihatan, survei kita meningkat tajam," kata Muhaimin.

Di luar agenda pasangan calon, tim sukses AMIN (Timnas AMIN) juga mengumumkan delapan poin yang menjadi prioritas kerja, yaitu kemandirian pangan, akses pendidikan dan kesehatan, kesempatan kerja, pemerataan pembangunan, kualitas pembangunan, jaring pengaman sosial, komitmen antikorupsi, dan komitmen antimafia.

“Semua itu sudah sejalan dengan visi dan misi menjadikan Indonesia adil makmur untuk semua,” kata Ketua Dewan Pakar Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Hamdan Zoelva di Jakarta, Rabu.

Pasangan Prabowo-Gibran

Berbeda dari pasangan nomor urut 1 yang langsung bertemu dengan masyarakat sejak hari pertama sampai hari kedua kampanye, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabumi Raka masih memilih tidak ambil cuti.

Keduanya memilih tetap berkantor dan menjalankan tugas-tugasnya sebagai pejabat publik, yaitu Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan (menhan) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota Surakarta.

Walaupun demikian, tim sukses mereka (TKN Prabowo-Gibran) menggelar beberapa acara diskusi, kemudian Prabowo di luar jam kerja juga menerima kedatangan kelompok buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN). Keduanya berdiskusi membahas persoalan yang dihadapi kelompok pekerja, misalnya dari pemutusan hubungan kerja secara massal, upah layak, dan kesejahteraan.

Sementara saat jam kerja, Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu, menerima kedatangan sejumlah selebritis dan influencer seperti Raffi Ahmad beserta Nagita Slavina, Nirina Zubir, Fujianti Utami Putri (Fuji), Celine Evangelista, Violenzia Jeanette, Fadil Jaidi, Keanu, Yoshua Marcellos, Tasya Revina, Arjuna Dewanto Suryo Putro, Christian Bong, Alshad Ahmad, Akbar Rais, dan Iko Uwais.

Prabowo dan rombongan artis/influencer itu makan siang bersama di Kantor Kemhan RI kemudian mereka juga sempat berbincang-bincang.

“Mereka mampir untuk berbagi cerita tentang perkembangan anak muda sekarang. […] Banyak cerita yang menarik dari mereka yang membuat saya gembira, ternyata banyak anak muda Indonesia yang bisa mengharumkan Bangsa Indonesia di bidangnya masing-masing,” kata Prabowo dalam unggahannya di media sosial Instagram.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md masih berada di lokasi yang berbeda pada hari kedua kampanye Pilpres 2024. Ganjar, selepas perjalanannya ke beberapa daerah di Papua pada hari pertama kampanye, memilih tidak berkampanye pada hari kedua.

Sementara itu, Mahfud Md pada hari kedua kampanye kembali menjalankan rutinitasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI.

Mahfud memberikan orasi kebangsaan di Universitas Buddhi Dharma, Karawaci, Kota Tangerang, Banten, kemudian ke Istana Negara menghadiri pelantikan Kepala Staf TNI AD (Kasad) yang baru.

Di luar itu, tim sukses mereka (TPN Ganjar-Mahfud) pada hari kedua kampanye meluncurkan platform crowdfunding (penggalangan dana dari masyarakat) untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. Platform crowdfunding itu dinamakan “Gotong Royong Rakyat”.
Pewarta:
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023
Dewan pakar TNP AMIN susun empat langkah pemberantasan korupsi Sebelumnya

Dewan pakar TNP AMIN susun empat langkah pemberantasan korupsi

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen Selanjutnya

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen