pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Mahfud Md harapkan masa tenang digunakan kontemplasi tentukan pilihan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md. ANTARA/Tim Media Mahfud md.
Jakarta (ANTARA) - Cawapres nomor urut 03 Mahfud Md mengajak rakyat Indonesia untuk saling menghormati dan menggunakan masa tenang untuk berkontemplasi menentukan pilihan dalam Pemilu 2024 demi masa depan bangsa dan negara.

"Masa tenang, masa berkontemplasi untuk menentukan pilihan yang terbaik. Bukan berdasarkan emosi dan promosi yang banyak dilebih-lebihkan," kata Mahfud dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga berharap, tak ada provokasi dan gangguan selama masa tenang pada 11-13 Februari 2024.

"Minggu tenang, tidak boleh seorang pun boleh saling mengganggu. Silakan kontemplasi, lalu rakyat masing-masing menentukan pilihannya bagi masa depan Indonesia. Saya berharap rakyat tenang memilih berdasarkan hati nurani," ujarnya.

Setelah rangkaian kampanye pamungkas, Mahfud berencana akan umroh dan kembali sebelum 14 Februari saat masa pencoblosan.

"Saya umroh habis ini. Saya biasa, jadi tak ada doa khusus. Minta doa umum saja. Minta perlindungan Allah, minta restu, shalawat ke Nabi Muhammad," tuturnya.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengakhiri masa kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat Solo, Grebeg, Ruwatan hingga Kirab Warisan Budaya di Benteng Vastenburg di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Hajatan Rakyat Solo, Grebeg, Ruwatan dimulai senam Zumba, diiringi lagu Sat Set Tas Tes, pada pukul 06.30 WIB, dilanjutkan atraksi Parade Reog, Barongsai, Liong, Lembu Suro hingga Pagelaran Wayang Orang yang sarat budaya Jawa.

Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat.

Diketahui, duet Ganjar-Mahfud mengakhiri masa kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat di Kota Solo dan Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu rangkaian kegiatan Hajatan Rakyat yang menarik adalah meruwat Balai Kota Surakarta sebagai simbol kekuasaan saat ini. Acara ruwatan ini dimaksudkan sebagai simbol cinta rakyat Solo Raya kepada pemimpinnya, revolusi cinta dilakukan agar segala keburukan, serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.

Kirab juga menjadi bagian penting dalam acara ini, dengan menggelar berbagai pertunjukan yang meriah, dimulai dari Jalan Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg. Kegiatan Hajatan Rakyat, Bukan Pesta Konglomerat akan dimeriahkan sejumlah seniman, musisi, penyanyi, dan selebritas lokal dan nasional, di antaranya Butet Kartaredjasa, NDX AKA, Rara Lida, Lala Widhy, Mala Agatha, Vega, dan masih banyak lagi lainnya.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024
KPU Manokwari mulai distribusi logistik ke tiga distrik terjauh Sebelumnya

KPU Manokwari mulai distribusi logistik ke tiga distrik terjauh

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran