pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Jubir TKN Prabowo-Gibran: Semua nomor urut punya filosofi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) mengambil undian nomor urut pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aa.
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Puteri Komarudin, mengatakan nomor urut berapa pun tidak masalah untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming karena semua nomor memiliki filosofi tersendiri.

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, politikus muda Partai Golkar itu menambahkan jika Prabowo-Gibran mendapatkan nomor urut 1 sebagai peserta Pilpres 2024, maka berarti pasangan tersebut merupakan pemimpin yang melambangkan persatuan bangsa.

Sementara itu, filosofi nomor urut 2 berarti sebagai jalan tengah atau simbol persatuan sesuai dengan visi Prabowo-Gibran.

"Jika undiannya nomor urut 3 juga baik. Berarti kan Persatuan Indonesia sesuai (sila ketiga) Pancasila. Pak Prabowo juga ditakdirkan menjadi presiden pada kesempatan ketiganya, karena kan (pilpres) sebelumnya Pak Prabowo sudah pernah mendapat nomor urut 1 dan 2," kata Puteri.

Baca juga: Prabowo-Gibran akan berangkat ke KPU pakai bus listrik

Dia melanjutkan bahwa semua nomor itu baik dan pihaknya sudah mempersiapkan atribut untuk berapa pun nomor urut yang akan didapat oleh Prabowo-Gibran.

"Nomor urut 01, 02, 03; semua baik. Kami sudah siapkan atribut semua nomor. Jika ada atribut yang langsung tersedia dan ada nomornya, padahal baru diundi, maka itu sudah disiapkan dan sudah biasa," ucapnya.

Prabowo-Gibran hadir di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa petang, untuk mengikuti pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024, bersama dengan rombongan pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Baca juga: 2.100 personel gabungan amankan pengundian nomor urut capres-cawapres

KPU RI mengadakan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa malam.

KPU memulai kegiatan tersebut dengan jamuan makan malam bersama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tak hanya itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

Anggota KPU RI Idham Kholik menjelaskan bahwa mekanisme pengundian akan dilakukan secara dua tahap.

Baca juga: Prabowo-Gibran menuju KPU gunakan bis listrik

Tahap pertama adalah pengambilan nomor antrean sesuai dengan urutan waktu pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Dengan demikian, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, lalu disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan terakhir Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean, baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," ujar Idham.

Baca juga: Tiga pasangan capres-cawapres tiba di KPU untuk pengundian nomor urut
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Tiga pasangan capres-cawapres tiba di KPU untuk pengundian nomor urut Sebelumnya

Tiga pasangan capres-cawapres tiba di KPU untuk pengundian nomor urut

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim