pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Partai politik di Padangsidimpuan deklarasikan pemilu damai

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Partai politik dan Forkopimda di Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Deklarasi Damai Pemilu 2024. ANTARA/HO
Padangsidimpuan (ANTARA) - Partai politik peserta Pemilu 2024 di Padangsidimpuan, Sumatera Utara, bersama-sama mendeklarasikan Pemilu 2024 damai sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Pemilu yang aman, jujur, dan adil di Padangsidimpuan.

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr Letnan Dalimunthe, dalam kesempatan itu menyampaikan Pemilu 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan.

Baca juga: Polresta Deli Serdang perkuat sinergitas demi Pemilu yang damai

"Untuk itu, demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan sejuk, mari kita bersama-sama bersinergi mendukung terwujudnya Pemilu yang berkualitas, dan hindari pertikaian, kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," katanya, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Rabu.

Ia juga mengimbau kepada calon, massa pendukung serta semua pihak agar mampu bersikap bijak dan arif untuk menghindari gesekan - gesekan yang dapat menimbulkan keresahan dan konflik di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Forkopimko Jakbar "gotong-royong" kawal pemilu yang damai dan kondusif

Ada lima poin komitmen pada Deklarasi Pemilu Damai ini yang dibacakan dia yang diikuti oleh seluruh partai politik peserta Pemilu yaitu pertama siap mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kemudian siap mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dengan menjunjung tinggi etika martabat bangsa dan negara, menaati peraturan yang berlaku, menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi yang berimplikasi terjadinya polarisasi dalam masyarakat.

Baca juga: Dewan Pers: Media harus ciptakan pemilu damai

Serta menolak hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang dan terakhir menghormati dan menerima hasil Pemilu 2024.

Seluruh perwakilan dari partai politik kemudian ikrar bersama dan dilanjutkan dengan membubuhkan tanda tangan bersama sebagai wujud komitmen.

Sedangkan Kepala Polres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, menyampaikan harapan agar pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar.

"Saya berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan datang dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dan di era digitalisasi sekarang ini agar menjaga diri karena jejak digital tidak akan hilang atau dapat dihapus," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023
PAN: Koalisi Indonesia Maju tetapkan bakal cawapres dalam waktu dekat Sebelumnya

PAN: Koalisi Indonesia Maju tetapkan bakal cawapres dalam waktu dekat

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah