counter

Jokowi: Pemilu bukti kedewasaan masyarakat Indonesia berdemokrasi

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin saat pidato kemenangan Pilpres di Kampung Deret, Jakarta pada Selasa (21/5/2019). (Hanni Sofia)
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden terpilih Joko Widodo mengatakan kelancaran Pemilu 2019 menjadi bukti kedewasaan masyarakat Indonesia dalam melaksanakan demokrasi.

"Kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia, dan patut bersyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan pemilu, dewasa dalam berbangsa dan bernegara," kata Jokowi dalam pidato kemenangan sebagai Presiden terpilih periode 2019-2024 di Kampung Deret, Jakarta pada Selasa.

Dirinya bersyukur masyarakat Indonesia terus menjaga perdamaian dan toleran menjaga perbedaan dalam politik serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bukti keberhasilan itu adalah proses Pemilu 2019 yang selesai dengan jujur dan adil serta penuh kedamaian.

"Pemilu demi pemilu telah kita lalu dengan penuh kedewasaan. Pemilu yang sekarang ini saya meyakini Insya Allah akan bisa kita lalui dengan damai sesuai dengan amanat konstitusi yang kita miliki," ujar Jokowi.

Mantan Walikota Solo dua periode itu menilai selesainya rekapitulasi nasional Pemilu serentak oleh KPU menjadi cerminan hakikat rakyat Indonesia yang berdaulat.

"Kepercayaan dan amanah rakyat tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air Indonesia," ujar Jokowi.

Dalam acara itu, calon wakil presiden terpilih, Ma'ruf Amin, juga turut hadir ditengah-tengah masyarakat.

Jokowi dan Ma'ruf memberikan pidato kemenangan bersama warga Kampung Deret, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Warga menyambut antusias kedatangan Jokowi ke kampungnya.

Kampung Deret adalah salah satu program pembenahan kampung kumuh oleh Jokowi sewaktu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.
 
Pewarta:
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019
Polres Indramayu tak temukan massa ikut "people power" Sebelumnya

Polres Indramayu tak temukan massa ikut "people power"

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik Selanjutnya

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik