pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Palembang manfaatkan Relawan Demokrasi memotivasi pemilih

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Relawan demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 mengikuti upacara pengukuhan di Banda Aceh, Aceh, Senin (21/1/2019). Lembaga penyelenggara pemilihan umum telah merekrut para relawan demokrasi di seluruh kabupaten dan kota untuk mensosialisasikan informasi tentang pemilu dan mengajak para pemilih untuk menggunakan hak politiknya pada 17 April mendatang. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama.
Palembang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan, memanfaatkan Relawan Demokrasi untuk memotivasi masyarakat yang memiliki hak pilih pada Pemilu 17 April 2019 agar menggunakan hak suaranya dengan baik sesuai hati nurani.

"Dalam pemilihan anggota legislatif yang digelar bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 tercatat 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), para pemilih tersebut diharapkan paling sedikit 77 persen di antaranya memanfaatkan hak suaranya," kata Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Yetty Oktarina di Palembang, Selasa.

Untuk memotivasi masyarakat yang masuk dalam DPT memanfaatkan hak suaranya dalam pemilu yang tinggal beberapa bulan lagi itu, pihaknya berupaya memanfaatkan secara maksimal relawan demokrasi yang direkrut pada Januari ini.

Ia menjelaskan, untuk menghadapi pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden/wapres 17 April 2019, pihaknya merekrut remaja berusia 17-25 tahun dan masyarakat umum mengikuti seleksi relawan demokrasi.

Dalam seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu, pihaknya menjaring 55 putra dan putri terbaik dari Bumi Sriwijaya ini sebagai relawan demokrasi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat itu.

Relawan demokrasi tugasnya hanya melakukan sosialisasi seluruh tahapan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden/wakil presiden ke seluruh lapisan dan elemen masyarakat atau sesuai 10 segmen kelompok masyarakat seperti kelompok disabilitas, warganet/kelompok pengguna media sosial, dan keagamaan.

Relawan demokrasi didorong memanfaatkan masa tugasnya yang hanya tiga bulan itu untuk gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai berbagai tahapan Pemilu 2019 dan mengedukasi masyarakat mengenai besarnya peran mereka dalam menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun ke depan.

Melalui upaya tersebut diharapkan bisa menekan golput, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat berlangsungnya pesta demokrasi rakyat itu sesuai dengan target yang ditetapkan, kata Yetty.

Baca juga: Relawan demokrasi upaya tingkatkan partisipasi pemilih

Baca juga: KPU Medan rekrut penyandang disabilitas sebagai Relawan Demokrasi

Baca juga: Kualitas dan kuantitas pemilih di tangan relawan demokrasi


 
Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019
LSM Bentar serukan pemilu damai 2019 Sebelumnya

LSM Bentar serukan pemilu damai 2019

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye