pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kantor Pos Purwokerto tunda distribusi tabloid Indonesia Barokah

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
PT Pos Indonesia (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Purwokerto, Jateng, (ANTARA News) - Kantor Pos Purwokerto menunda pendistribusian 39 paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" ke sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Sampai hari ini (24/1), Tabloid `Indonesia Barokah` yang tersisa masih 39 eksemplar (paket, red) yang belum sempat kami distribusikan," kata Kepala Kantor Pos Purwokerto Moh. Anis S, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis siang.

Ia mengatakan paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" itu sebenarnya sudah sampai di Kantor Pos Purwokerto sekitar tiga hingga empat hari lalu.

Dia mengakui sebagian paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" itu sudah didistribusikan atau diantar sesuai dengan alamat yang dituju.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya tidak mengetahui secara pasti jumlah paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" yang diterima Kantor Pos Purwokerto maupun yang telah diantar, karena paket-paket tersebut tidak dibukukan atau tanpa menggunakan resi pengiriman sehingga sulit dideteksi.

"Oleh karena menimbulkan polemik di beberapa tempat, maka untuk sementara pengantaran di Purwokerto kami tunda dulu sambil menunggu nanti keputusan dari pejabat yang berwenang," ujarnya pula.

Ia mengatakan jika nantinya ada pengiriman paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" lagi dan telah ada keputusan dari pejabat yang berwenang, pihaknya akan mengikuti keputusan tersebut.

Dalam hal ini, kata dia lagi, pihaknya akan menunggu sampai adanya keputusan dari pejabat berwenang terkait dengan pendistribusian Tabloid "Indonesia Barokah".

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas Yon Daryono mengatakan berdasarkan instruksi dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, pihaknya melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap peredaran Tabloid "Indonesia Barokah" di wilayah Banyumas.

"Untuk paket berisi Tabloid `Indonesia Barokah` yang sudah dikirimkan di beberapa masjid dan musala serta sudah diterima oleh takmir masjid, bahkan sudah dibuka, apabila akan dititipkan di Bawaslu, Bawaslu dalam konteks ini hanya sebagai tempat penitipan," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Banyumas itu pula.

Menurut dia, pihaknya tidak punya kewenangan untuk memaksa mengambil barang bukti maupun memaksa Kantor Pos untuk menghentikan pengiriman paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" tersebut.

Ia mengatakan pihaknya menunggu instruksi lebih lanjut terkait dengan langkah-langkah yang harus dilakukan Bawaslu kabupaten/kota, karena saat sekarang sudah ada gugus tugas di tingkat pusat yang melibatkan Bawaslu RI, Dewan Pers, dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

"Dari laporan yang kami terima, dari rekan-rekan panwascam dan pengawas desa, Tabloid `Indonesia Barokah` di Kabupaten Banyumas ditemukan di Kecamatan Kemranjen, Baturraden, Purwokerto Utara, Purwokerto Timur, Sokaraja, dan Patikraja. Kemudian yang sudah terkirim, namun belum sempat dilakukan pengiriman sampai ke tujuan itu di Cilongok dan Ajibarang," katanya.

Bahkan, kata dia, takmir masjid di Kecamatan Sokaraja yang menerima Tabloid "Indonesia Barokah" melaporkan paket yang diterimanya kepada panwascam setempat.

Ia mengatakan paket berisi Tabloid "Indonesia Barokah" yang telah dibuka itu selanjutnya dititipkan ke Panwascam Sokaraja dengan alasan khawatir karena merasa tidak pernah memesan tetapi mendapat kiriman.

"Apalagi ada informasi ini (Tabloid `Indonesia Barokah`, red.) sudah menjadi informasi yang meluas bahwa itu mengandung unsur-unsur konten politik," katanya pula.

Pada bagian bawah alamat tujuan paket yang dikirimkan melalui Kantor Pos Jakarta itu, tertulis "Redaksi Tabloid Indonesia Barokah, Pondok Melati Bekasi".

Tabloid tersebut berisi tulisan yang diduga menyudutkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: BPN : Tabloid Indonesia Barokah sudutkan Prabowo-Sandiaga
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
MK sebut frasa "citra diri" untuk atasi kelemahan regulasi Pilpres Sebelumnya

MK sebut frasa "citra diri" untuk atasi kelemahan regulasi Pilpres

Bawaslu RI pastikan serahkan kesimpulan ke MK pada hari ini Selanjutnya

Bawaslu RI pastikan serahkan kesimpulan ke MK pada hari ini