counter

JK: Bedasarkan jajak pendapat, milenial prediksi Jokowi-Ma'ruf menang pilpres

KPU RI tetapkan hasil Pemilu 2019 setelah putusan MK
Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) memberikan sambutan dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019 di Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (19/1/2019). (Fransiska Ninditya)
Ini bukan kampanye, hanya membaca data yang dikeluarkan."

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jusuf Kalla mengatakan berdasarkan jajak pendapat lebih banyak milenial memprediksi pasangan Jokowi-Ma'ruf akan menang dalam pilpres pada 17 April mendatang.

"Saya sekilas membaca bahwa generasi milenial dalam pemilu yang akan datang lebih banyak memilih nomor 01. Ini bukan kampanye, hanya membaca data yang dikeluarkan," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka Indonesia Millennial Summit 2019 di Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, Sabtu.

Menurut JK, pengaruh hasil jajak pendapat tersebut antara lain disebabkan oleh kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua TKN.

"Itulah kenapa yang jadi ketua kampanye nasional itu Erick, ini pengaruh Erick ini kan. Artinya lebih mantap kelihatannya generasi muda ini," kata JK.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Cawapres Sandiaga Uno mengatakan pilihan politik kaum milenial bisa berubah, apalagi setelah melihat debat perdana capres-cawapres pada Kamis (17/1) lalu.

Sandi mengatakan berdasarkan penelitian internalnya, kalangan milenial menilai cara penyampaian debat Prabowo dan dirinya bisa diterima dengan baik.

"Mereka memiliki pandangan bahwa secara kemampuan untuk menyampaikan, Pak Prabowo dan saya bisa diterima dengan baik. Dan secara konten, mereka melihat ada perbedaan, diferensiasi, daripada pendekatan kami," kata Sandi.

Untuk menarik suara milenial, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengatakan di sisa masa kampanye timnya akan meningkatkan pendekatan kepada para generasi muda.

"Para milenial akan menentukan pilihannya pada saat akhir, (maka) kita harus tingkatkan 'engagement' dengan mereka," katanya.

Dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019 di Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, Sabtu, para peserta Summit dipersilakan untuk mengikuti jajak pendapat dengan menentukan pilihan mereka terkait siapa yang akan menang dalam Pilpres 2019.

Peserta yang hadir dipersilakan untuk menempelkan stiker merah pada satu di antara dua lingkaran representasi pasangan capres-cawapres. Hingga Sabtu siang, pukul 13.00 WIB, lingkaran Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat lebih banyak stiker dibandingkan lingkaran Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Peserta jajak pendapat menempelkan stiker terkait siapa yang akan memenangkan Pilpres 2019 di acara Indonesia Millennial Summit 2019 di Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (19/1/2019). (Fransiska Ninditya)

Jokowi ucapkan terimakasih atas kerja keras TKN

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Dahnil: Prabowo larang Sandi sebut kasus Novel Sebelumnya

Dahnil: Prabowo larang Sandi sebut kasus Novel

KPU Maluku tak pernah usulkan penundaan calon anggota DPRD terpilih Selanjutnya

KPU Maluku tak pernah usulkan penundaan calon anggota DPRD terpilih