pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar tertohok kesantunan Ketua Adat di Merauke kritik jalan rusak

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) menerima cawat dari Kepala Kampung Wendu Matara Kalimus Mahuse (kanan) saat melakukan kampanye perdana di Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww/aa.
kami tahu jalannya tidak bagus. Jadi, saya tertohok
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden Republik Indonesia 2024 Ganjar Pranowo mengaku tertohok oleh kritikan mengenai jalan rusak yang disampaikan Kepala Kampung Wendu Matara Kalimus Mahuze secara santun.

"Tadi ada kepala suku menyampaikan kepada kami, bapak sudah lewat jalan kami. Jalan kami bagus sekali, tetapi kami melewati itu, kami tahu jalannya tidak bagus. Jadi, saya tertohok," kata Ganjar ditemui di Gedung Bella Vista, Kecamatan Merauke, Merauke, Papua Selatan, Selasa.

Menurut Ganjar, kesantunan membuat kritikan verbal dari Kalimus jauh lebih menyentuh agar bisa mengingat maksudnya dengan cara yang baik.

Menurut Ganjar, pemerintah dengan segala kekurangannya harus terus diingatkan dengan cara-cara santun seperti yang dilakukan Kalimus.

Baca juga: Kampanye Ganjar di Merauke tertib dan disambut hangat masyarakat

Ia juga menilai, semua pemuda-pemudi Merauke, tokoh adat dan tokoh agama harus dilibatkan dan duduk bersama dalam setiap musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) agar semua bisa mendengar ide kreatif satu sama lain, saling mencari yang paling bisa disepakati.

"Yang namanya adil, semuanya dilibatkan. Keadilan harus bisa ditegakkan supaya Papua ini aman damai," kata Ganjar.

Thorig
Lebih lanjut, Ganjar pun mengajak pemuda-pemudi di Merauke untuk mempelajari industri kreatif dari tokoh pemuda Jakarta seperti Thoriq Halilintar.

Thoriq sengaja dihadirkan langsung di Gedung Bella Vista untuk memberi motivasi serta saling bertukar nomor telepon dengan relawan dan mahasiswa Merauke yang akan diajak bergerak di industri kreatif.

Baca juga: Syaugi: Anies sampaikan gagasan-visi pada kampanye hari pertama

Menurut Thoriq, industri kreatif memiliki sumber daya yang tidak terbatas sehingga modalnya untuk mencapai kesuksesan akan selalu ada bagi pemuda yang lahir dari keluarga ekonomi pas-pasan.

"Saya sudah pernah merasakan jadi loper koran di emperan dan lampu merah, sampai semua barang di rumah pun habis dijual. Tapi industri kreatif ini modalnya tidak pernah habis, akan terus ada selama kita terus berusaha," kata Thoriq.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Baca juga: Gerindra: Prabowo-Gibran belum kampanye karena masih urus pemerintahan

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023
TPN Ganjar-Mahfud soal strategi menang di Papua: Tunggu tanggal main Sebelumnya

TPN Ganjar-Mahfud soal strategi menang di Papua: Tunggu tanggal main

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim