pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ahmad Sahroni: Pilpres satu putaran itu mustahil

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Politikus Partai NasDem Ahmad Sahroni. ANTARA/Hendri Sukma Indrawan.
Saya katakan pada tanggal ini, tidak akan pernah (pilpres) satu putaran.
Jakarta (ANTARA) - Politikus Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan mustahil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 hanya satu putaran.

"Saya katakan pada tanggal ini, tidak akan pernah pilpres satu putaran," ujar Sahroni, saat menjadi narasumber dalam rilis survei Poltracking Indonesia secara daring di Jakarta, Jumat.

Sahroni mengatakan hal itu ketika menanggapi pernyataan Politikus Gerindra Andre Rosiade yang yakin Prabowo-Gibran dapat menang satu putaran lantaran berbagai survei menyatakan elektabillitas Prabowo-Gibran rata-rata di atas 40 persen.

Menurut Ahmad Sahroni, hasil dari Pemilu 2024 baru akan ditentukan setelah pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024.

"Jangan akhirnya berkhayal tentang proses. Pemilu belum mulai tahu-tahu survei menunjukkan wah dimenangkan oleh si calon A," kata Sahroni.

Ia menekankan bahwa pesta demokrasi pada tahun depan seharusnya menjadi ajang adu gagasan dan program.

"Yang terpenting secara fair bertarung bersama-sama dengan cara yang lebih profesional dan modern," kata Sahroni.

Menurut survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Prabowo-Gibran pada survei November naik 9,5 persen dari periode survei September 2023 yang tercatat 30,7 persen. Kenaikan juga ditorehkan oleh pasangan Anies-Muhaimin sebesar 6 persen, namun pasangan Ganjar-Mahfud tercatat turun 1,5 persen.

Hasil survei Poltracking Indonesia pada tanggal 28 Oktober hingga 3 November 2023 menyebutkan Prabowo-Gibran unggul 40,2 persen, Ganjar-Mahfud 30,1 persen, dan Anies-Muhaimin 24,4 persen.

Baca juga: Poltracking: Elektabilitas Prabowo unggul 44,2 persen di Jabar
Baca juga: Survei Ipsos: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar bersaing ketat


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. 

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Teddy Gusnaidi: Pernyataan Prabowo soal buruh adalah fakta di lapangan Sebelumnya

Teddy Gusnaidi: Pernyataan Prabowo soal buruh adalah fakta di lapangan

Ketua MK sempat tegur Ketua KPU yang izin tinggalkan sidang Selanjutnya

Ketua MK sempat tegur Ketua KPU yang izin tinggalkan sidang