pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Teddy Gusnaidi: Pernyataan Prabowo soal buruh adalah fakta di lapangan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gubran Rakabuming Raka. ANTARA/HO-Relawan Prabowo.
Jadi, Prabowo tidak menyampaikan hal-hal yang terlihat menggiurkan, tetapi jauh dari kenyataan.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum dan Juru Bicara Partai Garuda Teddy Gusnaidi menilai pernyataan bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto yang meminta buruh tidak terus menuntut kenaikan gaji kepada perusahaan adalah fakta yang ada di lapangan.

Menurut Teddy, Prabowo tidak ingin perusahaan-perusahaan beralih ke negara lain sehingga merugikan perekonomian Indonesia.
 
"Prabowo sampaikan bahwa jangan pengusaha dituntut untuk menaikkan gaji terus-menerus karena akan mencekik perusahaan," ujar Teddy dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu, kata Teddy, yang menyebabkan perusahaan pindah ke negara lain sehingga merugikan perekonomian Indonesia. Apalagi, sudah banyak program pemerintah untuk membantu masyarakat.
 
Bila perusahaan-perusahaan itu mengalami kerugian, lanjut dia, akan berimbas pada para buruh. Bahkan, tidak hanya pengusaha yang rugi, tetapi buruh juga rugi.

"Ada banyak buruh yang akhirnya tidak bisa lagi mendapatkan pekerjaan dan hidupnya lebih sulit daripada saat dia masih memiliki pekerjaan tetap," katanya.

Baca juga: Indopol: Dukungan Jokowi jadi penggerak elektabilitas bacapres
Baca juga: Prabowo: Pasal 33 UUD 1945 merupakan "blueprint" ekonomi Indonesia
 
Teddy menjelaskan bahwa pengurangan tenaga kerja atau pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di mana-mana karena pendapatan perusahaan tidak lagi bisa menutupi pengeluaran.

Pekerjaan dua sampai tiga orang, kata dia, akhirnya dikerjakan satu orang untuk mengover kenaikan upah yang juga diikuti kenaikan harga bahan untuk produksi.

Karena di-PHK, akhirnya bekerja serabutan, tidak ada pekerjaan tetap sehingga pendapatan setiap bulan jauh daripada saat mereka masih bekerja tetap.

"Yang terjadi hanya penyesalan karena tidak ada yang bisa membantu mereka. Orang-orang yang dahulu mengajak untuk menuntut perusahaan pun tidak bisa membantu mereka," kata Teddy.
 
Oleh karena itu, Teddy menegaskan kembali pernyataan Prabowo itu merupakan fakta. Prabowo tidak ingin perusahaan dan buruh menjadi korban.
 
"Jadi, Prabowo tidak menyampaikan hal-hal yang terlihat menggiurkan, tetapi jauh dari kenyataan," tambahnya.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
KPU tetapkan pasangan capres-cawapres pada 13 November 2023 Sebelumnya

KPU tetapkan pasangan capres-cawapres pada 13 November 2023

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran