pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PDIP Jatim bertekad ulangi kesuksesan di Pilkada serentak

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (tiga kiri) bersama pengurus DPD PDIP Jatim usai menggelar Konferda V di Surabaya, Rabu (24/07/2019). (Foto Fiqih Arfani)
Saat itu, dari 19 Pilkada di Jatim, sebanyak 13 Pilkada dimenangkan calon yang kami usung
Surabaya (ANTARA) - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur bertekad mengulangi kesuksesan pada 2015-2016 dengan memenangkan mayoritas Pemilihan Kepala (Pilkada) di beberapa daerah di wilayah setempat.

"Saat itu, dari 19 Pilkada di Jatim, sebanyak 13 Pilkada dimenangkan calon yang kami usung," ujar ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi ketika dikonfirmasi di Surabaya, kamis.

Setelah ditunjuk dan kembali dipercaya memimpin PDIP Jatim periode 2019-2024, ia beserta pengurus inti lainnya langsung bergerak untuk fokus terhadap pemenangan di Pilkada tahun depan.

Salah satu yang menjadi fokusnya adalah Pilkada Kota Surabaya atau mencari figur tepat siapa pengganti Tri Rismaharini sebaga wali kota setempat.

Terkait keoptimistisan menang di beberapa daerah pada Pilkada serentak tahun depan, Kusnadi menyampaikan juga menjadi bagian dan pertimbangan dari upaya pengurus PDIP Jatim meningkatkkan atau mempertahankan prestasi yang sudah dicapai.

"Prestasi kami tidak boleh menurun, paling tidak bisa mempertahankan prestasi yang sudah pernah diraih," ucap wakil ketua DPRD Jatim tersebut.

PDIP Jatim, kata dia, memang akan memprioritaskan kader internal yang akan diusung di Pilkada serentak, namun jika ada calon dari eksternal yang memiliki visi sama dengan PDIP dan memiliki peluang besar menang maka pihaknya tidak akan mengabaikannya.

"Pastinya kami juga akan melakukan survei sebelum memutuskan mendukung kader internal maupun eksternal PDIP," ucapnya.

Harapan PDIP Jatim seiring dengan keinginan DPP PDIP yang sangat berharap menang di mayoritas Pilkada serentak di seluruh Tanah Air.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menegaskan telah memasang target 60 persen memenangkan calon yang diusung partainya pada Pilkada tahun depan.

"Surabaya menjadi salah satu prioritas untuk menang, begitu juga daerah-daerah yang pemimpinnya diusung PDIP untuk dua putaran. Lalu untuk yang belum menang, harus direbut kembali," tegasnya.

Sebanyak 19 daerah di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak 2020 yaitu untuk kabupaten adalah Sumenep, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar, Malang, Mojokerto, Ngawi, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik dan Kediri.

Sedangkan, untuk Pilkada tingkat kota yaitu Kota Blitar, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Sidang Pileg, ahli sebut foto caleg Evi manipulasi Sebelumnya

Sidang Pileg, ahli sebut foto caleg Evi manipulasi

Menkominfo turunkan 1.971 berita hoaks di media sosial tentang pemilu Selanjutnya

Menkominfo turunkan 1.971 berita hoaks di media sosial tentang pemilu