pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Babel komitmen selesaikan rekapitulasi empat kabupaten

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri (Babel.antaranews.com/Aprionis)
Pada hari pertama rapat pleno ini kita akan menyelesaikan rekapitulasi Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung Timur dan Bangka Barat
Pangkalpinang (ANTARA) - KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen dapat menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara di empat kabupaten pada hari pertama rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 yang dimulai Minggu (5/5) hingga Selasa (7/5).

"Pada hari pertama rapat pleno ini kita akan menyelesaikan rekapitulasi Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung Timur dan Bangka Barat," kata Ketua KPU Babel, Davitri saat memimpin rapat pleno terbuka di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan hingga pukul 14.30 WIB hari ini, sudah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara dari Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan, selanjutnya akan dilanjutkan rekapitulasi dari Belitung Timur dan Bangka Barat

"Saat ini kami belum bisa menyampaikan perolehan suara terbanyak pilpres dan pileg di dua kabupaten tersebut, karena berita acaranya belum ditandatangani anggota KPU, Bawaslu dan para saksi," ucapnya.

Menurut dia proses rekapitulasi di Kabupaten Bangka Tengah tidak ada permasalahan atau keberatan saksi, baik saksi capres, cawapres maupun DPRD, DPR atau DPD.

Sementara Kabupaten Bangka Selatan yang ada pertanyaan dari Bawaslu Provinsi Babel terkait data pemilik yang tidak sama dan kemungkinan ada selisih peng-'input'-an dari model DA1 atau berita acara di kabupaten/kota.

"Untuk menjawab pertanyaan Bawaslu itu, kita akan minta mencari dimana data yang tidak sinkron itu. Meski ada persoalan ini, tapi tidak mempengaruhi hasil dari suara sah peserta pemilu," ujarnya.

Ia menambahkan setelah menyelesaikan rekapitulasi dari empat kabupaten, dihari kedua KPU Babel akan merekapitulasi Kabupaten Belitung, Bangka dan Kota Pangkalpinang.

"Dihari kedua besok kita akan selesaikan kabupaten/kota lainnya. Pada kesempatan ini kita juga memberi kesempatan bagi para saksi yang ingin menyampaikan sanggahan atau keberatan dengan berita acara di rekapitulasi sebelumnya," tuturnya.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
KPU RI bagi pleno rekapitulasi penghitungan suara dalam dua ruangan Sebelumnya

KPU RI bagi pleno rekapitulasi penghitungan suara dalam dua ruangan

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten