counter

Suara PKB buntuti PDIP di Taiwan

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
Warga negara Indonesia mengantre pendaftaran pemilih khusus untuk bisa mencoblos di TPS salah satu negara, Minggu (14/4). (Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie)
Beijing (ANTARA) - Perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa membuntuti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam pemilihan umum serentak yang diikuti warga negara Indonesia di Taiwan.

Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Taipei Fadlillah Ahdiyat dalam keterangan tertulis yang diterima di Beijing, Rabu, menyebutkan bahwa PKB meraih 8.759 suara atau sekitar 11,78 persen dari keseluruhan surat suara sah calon DPR-RI sebanyak 74.366 lembar.

Perolehan suara partai berlambang jagat itu terpaut jauh dengan PDIP yang meraih 30.837 suara (41,47 persen).

Pada posisi ketiga hingga kelima perolehan suara diduduki oleh Partai Solidaritas Indonesia (7.882), Partai Golkar (6.566), dan Partai Keadilan Sejahtera (5.450).

Tingkat partisipasi pemilih di Taiwan untuk calon DPR-RI dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta II dan luar negeri itu relatif rendah, hanya 30,56 persen.

Padahal beberapa calon anggota legislatif dan ketua partai politik peserta Pemilu 2019 sering kali berkampanye ke pulau berpemerintahan mandiri itu.

Bahkan tingkat partisipasi WNI di Taiwan untuk anggota legislatif tersebut lebih rendah dibandingkan dengan tingkat partisipasi pemilih calon presiden dan wakil presiden yang mencapai 31,1 persen.

Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 72.726 suara (86,4 persen) di Taiwan, sekaligus mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan 11.412 suara (13,6 persen).

Selain mencoblos di sejumlah tempat pemungutan suara yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Taiwan pada Minggu (14/4), para WNI juga bisa mencoblos surat suara melalui kotak suara keliling (KSK) atau melalui pos surat.

Namun penghitungan surat suara untuk semua metode pencoblosan itu tetap dilakukan pada Rabu (17/4) bersamaan dengan pemilu serentak di Indonesia.

Dalam penyelenggaraan pemilu tersebut, PPLN Taiwan telah membantuk 60 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) metode pos, 34 KPPSLN metode TPS, dan empat KPPSLN metode KSK.

Penghitungan suara untuk semua metode dilakukan secara terbuka di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan disiarkan secara langsung melalui Facebook dan Youtube PPLN Taiwan.
Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
Aturan pengajuan sengketa Pemilu diuji di MK Sebelumnya

Aturan pengajuan sengketa Pemilu diuji di MK

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024