pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

704 TPS di Abepura dan Jayapura Selatan tunda pencoblosan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Petugas KPPS di TPS 74 Perumahan BTN Puskopad Atas, Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua sedang menyiapkan kelengkapan untuk persiapan pencoblosan namun pada akhirnya batal karena logistik tak juga kunjung datang (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)
Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 704 TPS di Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu menunda pencoblosan karena keterlambatan logistik pemilu.

"Kalau di Abepura itu ada 369 TPS dan di Jayapura Selatan ada 338 TPS. Hanya saja di Jayapura Selatan sudah ada tiga TPS di dua kampung yang mencoblos, sehingga tinggal 335 TPS. Jadi total 704 TPS yang belum atau ditunda," kata komisioner Bawaslu Kota Jayapura Hardin Halidin.

Menurut dia, keterlambatan penyaluran logistik pemilu telah mendapat penjelasan dari komisioner KPU Kota Jayapura di hadapan sejumlah pihak terkait.

"Tadi, kami langsung ke KPU Kota Jayapura untuk melihat dan mencari tahu apa saja hambatan yang membuat terlambat penyaluran logistik pemilu," kata Hardin yang membidangi pencegahan di Bawaslu Kota Jayapura.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan yang membidangi penindakan mengaku masih menunggu berita acara dari KPU Kota Jayapura terkait alasan penundaan penyaluran logistik pemilu di Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan.

"Masih menunggu berita acara dari KPU Kota Jayapura. Memang tadi kami dari sana melihat masalah apa yang membuat terlambatnya penyaluran logistik," katanya.

Berdasarkan berita acara dari KPU Kota Jayapura, Rinto sampaikan barulah Bawaslu Kota Jayapura bisa merapatkan dan membuat rekomendasinya seperti apa.

"Tentunya kami baru bisa membuat rekomendasi setelah ada surat resmi atau berita acara terkait keterlambatan yang terjadi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga yang datang untuk menyalurkan hak politiknya ke sejumlah TPS di Distrik di Abepura dan Jayapura Selatan batal melakukan pencoblosan karena logistik pemilu hingga pukul 12.00 WIT tidak kunjung datang.

Baca juga: Distrik lain ditunda, warga Kelurahan Imbi-Papua tetap mencoblos

Baca juga: Bawaslu deklarasi kesiapan pengawasan pemilu di tapal batas RI-PNG
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo unggul di TPS Wakil Gubernur NTB Sebelumnya

Prabowo unggul di TPS Wakil Gubernur NTB

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye