KPU siap koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia

Kapolda Metro Jaya tinjau keamanan KPU RI
Komisioner KPU RI Viryan ketika diwawancarai awak media di kantor KPU di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) (ANTARA/Dewa Wiguna)
Apabila hal yang disampaikan memang terjadi pelaksanaan pemungutan suara di tempat itu tidak sesuai aturan, tentunya kami akan lakukan koreksi
Jakarta (ANTARA) - KPU RI siap melakukan koreksi pelaksanaan pemilu di Malaysia jika terbukti ada surat suara tercoblos, setelah terlebih dahulu mengklarifikasi informasi tersebut kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Kuala Lumpur.

"Apabila hal yang disampaikan memang terjadi pelaksanaan pemungutan suara di tempat itu tidak sesuai aturan, tentunya kami akan lakukan koreksi," kata Komisioner KPU RI Viryan di Jakarta, Kamis.

Viryan menjelaskan KPU RI akan membahas dugaan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, dalam rapat yang mendadak di kantor KPU di Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam rapat tersebut, KPU akan meminta klarifikasi dari PPLN di Kuala Lumpur, Malaysia, terkait surat suara tercoblos.

"Klarifikasi ini penting. Prinsip kehati-hatian yang kami anut dan hasil klarifikasi itu akan menjadi bahan utama untuk menentukan kebijakan yang akan kami ambil," imbuhnya.

Adapun klarifikasi tersebut, lanjut dia, terkait benar tidaknya informasi itu, kemudian duduk permasalahan yang akan digali apabila memang benar terjadi pencoblosan surat suara.

"Ketiga, bukti yang ada juga penting terklarifikasi," ucapnya.

Senada dengan Viryan, Komisioner KPU lainnya, Ilham Saputra mengatakan penyelenggara pemilu sedang melakukan konfirmasi dari Kelompok Kerja PPLN.

KPU, kata dia, juga belum menerima informasi lanjutan dari Bawaslu RI menyusul beredarnya video yang berisi tayangan surat suara tercoblos.

"Kami belum menerima surat (Bawaslu). Kami masih menunggu, apakah yang terjadi itu seperti apa?. Kami sedang konfirmasi di mana tempatnya, apa yang terjadi, itu lokasi apa sebenarnya, kami sedang cek dulu," katanya.

Sebelumnya, beredar luas video berdurasi singkat yang menampilkan masyarakat setempat menggerebek sebuah ruko kosong Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia.

Di dalam ruko itu ditemukan sejumlah kantong berisi surat suara yang diduga sudah dicoblos untuk pemilihan presiden pasangan tertentu.

Tidak hanya itu ditemukan juga surat suara yang tercoblos untuk beberapa nama calon anggota legislatif dari partai politik tertentu.


Baca juga: TKN Malaysia cek lokasi ke Selangor
Baca juga: Jokowi: laporkan ke Bawaslu jika ada surat suara tercoblos di Malaysia
Baca juga: KPU telusuri video surat suara tercoblos di Malaysia
Baca juga: Surat suara tercoblos ditemukan di Selangor
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Survei: Hoaks mampu turunkan elektabilitas capres Sebelumnya

Survei: Hoaks mampu turunkan elektabilitas capres

Polres Indramayu tak temukan massa ikut "people power" Selanjutnya

Polres Indramayu tak temukan massa ikut "people power"