pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Sulsel-LAPAR sosialisasi pemilu warga tinggal di pulau

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Suasana sosialisasi dan dialog interaktif tentang kepemiluan di aula Kelurahan Pulau Lae-lae, Makassar, Sulawesi Selatan. FOTO/Dokumentasi.
Kami terus menggenjot pelaksanaan sosialisasi untuk mengajak masyarakat gunakan hak pilihnya serta mengawal pemilu yang berkualitas, papar Iqbal
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Lembaga Advokasi dan Pendidikan untuk Rakyat (LAPAR) Sulsel melaksanakan sosialisasi pemilu di Pulau Lae-lae dirangkaikan dialog tentang kepemiluan sebagai bagian dari edukasi kepada pemilih di pulau setempat.

"Bagi para warga pulau yang sudah memiliki hak suara untuk menyalurkan hak suaranya di TPS, jangan sampai tidak memilih alias golput," kata Komisioner KPU Sulsel, Faizal Amir, Senin.

Ia menjelaskan, pemilu tahun ini dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019. Pemilih akan mendapatkan lima surat suara yakni, surat suara calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota dan anggota DPD-RI.

Faizal mengatakan, pihaknya terus meningkatkan partisipasi pemilih di berbagai lokasi menjelang pemilihan presiden dan anggota legislatif, 17 April 2019 termasuk di wilayah kepulauan.

Faizal menambahkan sosialisasi menjelang pencoblosan iti terkait teknis pemilihan dan pemahaman kepemiluan. Ia berharap warga pulau Lae-lae dan sekitarnya bisa peduli terhadap proses pemilihan umum.

Tak hanya menggelar sosialisasi, diskusi pemilu juga dilakukan dengan berbagai komunitas masyarakat di Makassar. Lembaga LAPAR Sulsel ikut memberikan edukasi mengenai pemilu termasuk warga di pulau wilayah pesisir Kota Makassar.

Direktur LAPAR Sulsel, Iqbal Arsyad pada kesempatan itu menuturkan kegiatan sosialiasi ini untuk menyasar pemilih wilayah kepulauan atau daerah yang mungkin belum terjangkau informasi pemilihan umum secara merata.

"Kami terus menggenjot pelaksanaan sosialisasi untuk mengajak masyarakat gunakan hak pilihnya serta mengawal pemilu yang berkualitas," papar Iqbal.

Sementara warga pulau yang mengetahui sosialisasi pemilu tersebut ikut antusias mengikuti jalannya sosialisasi di gedung serbaguna Kelurahan Lae-lae, Makassar, Sulsel.

Warga Pulau Lae-lae, Umrawati usai sosialiasi itu memberikan apresiasi pada kegiatan KPU Sulsel dan LAPAR terkait sosialisasi yang dilakukan guna memberikan pendidikan atau pemahaman kepada masyarakat yang ada di pulaunya.

"Melalui sosialisasi ini kami warga pulau bisa mengetahui seperti apa proses pemilihan yang akan kami lakukan nanti atau mungkin masih ada yang belum dimengerti warga, terkait tata cara mencoblos dan mengenali surat suara yang akan digunakan," katanya.

Sosialisasi tersebut dikemas dalam dialog interaktif serta games terkait kepemiluan. Acara ini dihadiri Komisioner KPU Sulsel, Faizal Amir, Direktur LAPAR Sulsel, Iqbal Arsyad, Penggiat Demokrasi, Fadlan L Nasurung dan Relawan Demokrasi KPU setempat.
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
KPU: Jumlah pemilih di Lampung tercatat 6.074.137 jiwa Sebelumnya

KPU: Jumlah pemilih di Lampung tercatat 6.074.137 jiwa

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024