pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU DKI gencar sosialisasi ke sekolah tingkatkan partisipasi pemilih

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip foto - Siswa memasukkan surat suara saat mengikuti rangkaian simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (23/2/2023). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa/aa.
Dengan memberikan sosialisasi diharapkan mereka sebagai pemilih pemula bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta gencar menyosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu 2024 ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus menjelang pemungutan suara pada Rabu (14/2) untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula salah satunya adalah dengan kegiatan KPU Goes To School, KPU Goes to Campus, dan KPU Goes to Pesantren," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU  DKI Jakarta Fahmi Zikrillah  di Jakarta, Senin.

Fahmi menuturkan rangkaian kegiatan tersebut dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah, kampus-kampus, dan pesantren-pesantren.

Sejumlah tempat tersebut yakni Universitas Nasional, Universitas BINUS, Universitas Al Azhar, UPN Veteran, Universitas Jayabaya, Esa Unggul, Pesantren Darunnajah, Pesantren Ash-Shiddiqiyyah, Pesantren Darur Rahman, dan lainnya.

Adapun kegiatan sosialisasi itu meliputi pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu dari tahun 2023 hingga sekarang.

"Dengan memberikan sosialisasi diharapkan mereka sebagai pemilih pemula bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024," tambahnya.

Demi menyukseskan kegiatan, KPU DKI juga bekerjasama dengan berbagai macam pihak mulai dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi kemahasiswaan, dan pemangku jabatan (stakeholder) lainnya untuk memberikan edukasi kepada para pemilih pemula.

Selain mendatangi tempat pendidikan, KPU DKI juga gencar menyebarkan sosialisasi pemilih pemula melalui media sosial, film Kejarlah Janji, dan film pendek yang dibagikan KPU.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengajak pemilih pemula khususnya pelajar untuk menggunakan hak pilihnya saat pemilu serta jangan sampai ada yang tidak memilih atau menjadi bagian dari golongan putih (golput).

"Diharapkan partisipasi pemilih pemula lebih banyak dan diharapkan tidak ada yang golput karena hak suara para pelajar menentukan keberhasilan pemerintahan ke depan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah di Jakarta, Senin.

Dalam rangka mendorong pemilih pemula, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menggandeng KPU dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta melakukan pendidikan politik terkait pemilu ke sekolah-sekolah melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS).
Baca juga: Dinas Pendidikan DKI ajak pemilih pemula tidak ada yang golput
Baca juga: Pemprov DKI turunkan alat peraga kampanye serentak Minggu dini hari
Baca juga: Bawaslu DKI minta KPU fokus kegiatan dua kampanye akbar di hari sama
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu Kepulauan Seribu kawal distribusi logistik ke pulau-pulau Sebelumnya

Bawaslu Kepulauan Seribu kawal distribusi logistik ke pulau-pulau

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024 Selanjutnya

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024