pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TKN: Langkah Jokowi perkuat ideologi negara lima tahun ke depan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dalam lima tahun ke depan akan melakukan sejumlah langkah untuk memperkuat ideologi negara.

Pemerintahan Jokowi akan melakukan antara lain mengoptimalkan peran dan fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, menerapkan standarisasi materi dan metode pembelajaran Pancasila dalam sistem pendidikan dan pelatihan yang direkomendasikan BPIP; dan mengevaluasi dan membaharui peraturan perundang- undangan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu.

Ia mengatakan, dalam mengimplementasikan kehidupan kebangsaan sesuai dengan ideologi Pancasila, Pemerintahan Jokowi mendorong semangat kebhinekaan dan kemajemukan. Perbedaan dalam kemajemukan bukan menjadi sumber masalah jika diikat oleh Ketunggal-ikaan, sebagai sesama saudara sebangsa setanah air. Untuk itu, Pemerintahan Jokowi-Kiai Ma’ruf, terus mendorong semangat toleransi, kerukunan, dan persaudaraan.

Untuk itu, sejumlah langkah juga akan dilakukan diantaranya memperkuat moderasi (Wasathiyyah) sebagai karakter beragama bangsa Indonesia, memperkuat modal sosial yang hidup dalam masyarakat, yaitu menumbuhkan semangat gotong royong, musyawarah, dan kebhinnekaan yang ika, memperbanyak program pertukaran pomade lintas agama, lintas etnis dan budaya, lintas segmen sosio-ekonomi, dan lintas wilayah, seta revitalisasi institusi sosial masyarakat terkecil seperti RT/RW, dusun dan kampung sebagai ruang membangun solidaritas sosial, gotong royong, dan ruang dialog antarwarga, katanya.

"Pemerintahan Jokowi-Kyai Ma’ruf akan terus melakukan revitalisasi revolusi mental. Perubahan mental karakter bangsa dari mental karakter yang negatif ke mental karakter yang positif harus menjadi strategi pembangunan manusia dan kebudayaan yang terus-menerus diinternalisasi dalam sistem pembangunan, sehingga menjadi sistemik serta mengalami pembudayaan dalam perilaku sehari-hari," katanya.

Revitaliasi Revolusi mental itu dilakukan dalam sistem pendidikan, dengan menekankan nilai-nilai integritas, etos kerja, gotong royong, dan budi pekerti dalam pembelajaran. Revolusi Mental juga akan diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dengan pembudayaan nilai-nilai transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, Revolusi Mental dalam sistem sosial dengan pembudayaan nilai-nilai luhur bangsa dalam institusi keluarga dan interaksi antarwarga.

Sementara itu, dalam Pemilihan Presiden 2019, terdapat dua pasangan calon yang berkompetisi. Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin dan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Kampanye terbuka Jokowi di Banjarmasin Sebelumnya

Kampanye terbuka Jokowi di Banjarmasin

Bawaslu ungkap sempat ada kerusuhan saat PSU di Distrik Gamelia Selanjutnya

Bawaslu ungkap sempat ada kerusuhan saat PSU di Distrik Gamelia