counter

2.000 personel gabungan siap amankan kedatangan Jokowi di Banjarmasin

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Aparat TNI-Polri melakukan apel persiapan kedatangan Capres 01 Joko Widodo. (Antarakalsel/foto/Gunawan Wibisono)
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 2.000 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya siap mengamankan kedatangan Calon Presiden Joko Widodo di Banjarmasin pada Kamis 27 Maret 2019.

"Kami memberikan pengamanan kepada Pak Jokowi sebagai kepala negara dan sesuai protap VVIP," kata Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, Jokowi datang ke Bumi Antasari dalam agendanya melakukan kampanye terbuka sebagai calon presiden pada Pilpres 2019.

Sebagai kepala negara sekaligus capres petahana, tentu keamanan Jokowi wajib dijamin oleh aparat keamanan. Sehingga TNI-Polri akan siap memberikan pengamanan yang dilakukan Paspampres di Ring 1.

Sementara Polri sebagai unsur pengamanan di Ring 3, akan mengerahkan 646 personel Polda Kalsel dan jajaran Polres melapis prajurit TNI di Ring 2.

"Polri yang berada di Ring 3, akan mengawal pengamanan perjalanan Pak Jokowi dari bandara menuju lokasi kampanye hingga ke hotel untuk menginap," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin.

Sehari sebelum Jokowi hadir, aparat keamanan nampak sudah melakukan persiapan hingga gladi dari mulai bandara menuju lokasi pertama di Stadion 17 Mei Banjarmasin hingga di lokasi kedua di Taher Square Banjarmasin.

Terlihat juga aparat di sekitar area Duta Mall Banjarmasin dan Hotel Mercure Banjarmasin tempat Presiden dijadwalkan menginap satu malam, sebelum bertolak lagi ke Balikpapan, Kalimantan Timur untuk melanjutkan agenda kampanye terbuka.

Tanggung jawab pengamanan kedatangan Jokowi yang merupakan capres nomor urut 01 berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin, adalah Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto yang bertindak sebagai Pangko Ops Pengamanan RI 1 dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani sebagai Waka Pangko Ops serta Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed selaku Dansatgas pengamanan wilayah didampingi Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Isdiyono sebagai wakil Dansatgas.

Untuk Dansub Satgas pengamanan Stadion 17 Mei Banjarmasin adalah Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif dan Dansub Satgas pengamanan Taher Square yang juga didatangi Jokowi menyapa kaum milenial adalah Dandim 1005/Marabahan Letkol Kav Sugianto.

Jokowi ke negara-negara Afrika: Indonesia teman terpercaya

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi janji akan lanjutkan pembangunan jalur KA Labuhanbatu-Dumai Sebelumnya

Jokowi janji akan lanjutkan pembangunan jalur KA Labuhanbatu-Dumai

Gubernur menerima dokumen caleg terpilih DPRD Sulsel Selanjutnya

Gubernur menerima dokumen caleg terpilih DPRD Sulsel