pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bawaslu Bangka Selatan gencarkan patroli pemilu

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Bawaslu Bangka Selatan menyiapkan satu unit mobil guna mempermudah pelaksanaan program patroli pemilu. (babel.antaranews.com/Eko SR)
Toboali (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan patroli pemilu guna mengantisipasi pelanggaran menjelang pemilu anggota legislatif dan Pilpres 2019 di daerah itu.

"Patroli pemilu lebih ditingkatkan karena saat ini sudah mulai terasa suhu politik makin memanas dan arus politik makin deras," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Sahirin di Toboali, Minggu.

Ia mengatakan bahwa program patroli pemilu ini merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan terhadap pelanggaran pemilu yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Kami bersama dengan panwaslu kecamatan dan panwaslu desa terus melakukan pengawasan agar kondisi keamanan menjelang pesta demokrasi tahun ini kondusif," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan kepolisian dan bersilaturahmi ke tempat pemangku kepentingan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda yang ada di desa setempat.

"Saat ini situasi aman, lancar berjalan dengan damai dan diharapkan kondisi ini berjalan kondusif hingga pemilu nanti," katanya.

Menurut dia, dalam melakukan pencegahan terhadap pelanggaran pemilu pengawas pemilu dituntut untuk dapat berinovasi yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar.

"Kami berharap melalui program patroli pemilu ini dapat mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar di Bangka Selatan," katanya.

 
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
KPU Padang sebut ribuan kertas suara rusak Sebelumnya

KPU Padang sebut ribuan kertas suara rusak

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah