pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU sosialisasi Pemilu 2019 lewat festival musik

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi - memasukkan kertas suara saat mengikuti sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu). (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)
Parigi, Sulteng (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Abdul Chair mengatakan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 17 April 2019, pihaknya akan memanfaatkan kegiatan festival musik dan konser untuk melakukan sosialisasi pemilu.

Kegiatan seni modern, kata dia, di Parigi Moutong, Sabtu, merupakan bagian dari sosialisasi Pemilu yang menyasar pemilih pemula.

Menurut Abdul Chair, kegiatan musik seperti itu cukup efektif sebagai upaya pemicu kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Di festival tersebut, KPU akan selipkan juga seruan dan ajakan kepada masyarakat untuk hadir berpartisipasi menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayah masing-masing.

Chair menjelaskan, festival musik akan melombakan jingel Pemilu sebagai lagu wajib dilaksanakan 1-2 Maret mendatang dengan persyaratan peserta umur 19-25 tahun sebagai pemilih pemula.

Dia menyebut, kegiatan tersebut sesuai instruksi KPU pusat yang masuk dalam salah satu agenda tahapan pemilu yang wajib dilaksanakan seluruh daerah ditingkat provinsi, kabupaten/kota dengan total bonus uang Rp10 juta.

Lebih lanjut Chair menjelaskan, kegiatan konser musik rencananya di helat pada 3 Maret setelah festival musik selama dua hari.

Pada konser musik Pemilu, KPU berencana akan menghadirkan salah artis ibu kota mantan vokalis band rock era 90-2.000-an untuk menghibur masyarakat Parigi Moutong.

"Kami masih berkoordinasi dengan pihak `event organizer` yang menangani kegiatan konser, semoga semua berjalan sesuai rencana, " ujarnya.

Dia berharap, melalui kegiatan kreasi anak muda dapat meningkatkan partisipasi pemilih, pada Pilkada 2018, partisipasi pemilih Parigi Moutong mencapai angka 76 persen.

Pemilu 2019, KPU pusat menarget angka partisipasi pemilih 77 persen, cukup naik satu digit meraih target ditentukan, namun KPU Parigi Moutong optimistis mampu meningkatkan angka partisipasi hingga 80 persen.

"Kami ingin melampaui target, tentu kuncinya adalah sosialisasi yang digenjot dengan melibatkan semua pihak termasuk masyarakat, " tuturnya.

Baca juga: KPU Bangka Barat sosialisasi pemilih kelompok disabilitas

Baca juga: KPU harus gencar sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
KPU harus gencar sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019 Sebelumnya

KPU harus gencar sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019

Pj Gubernur NTB temui MUI, minta gaungkan kerukunan jelang Pilkada Selanjutnya

Pj Gubernur NTB temui MUI, minta gaungkan kerukunan jelang Pilkada