counter

KPU buat sesi eksploratif di debat kedua

DKPP rehabilitasi ketua KPU - Bawaslu terkait Bupati Mandailing Natal
Debat calon presiden kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019. (ANTARANews /Glenn Ardianus)
Segmen di debat kedua sama dengan debat pertama, namun di segmen keempat yaitu sesi pertanyaan dari panelis, ada video pendek masing-masing kandidat, kami menamakannya sesi eksploratif
Jakarta (ANTARA News) - Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan KPU membuat sesi eksploratif di debat kedua, dengan menampilkan video berdurasi pendek terkait visi misi masing-masing calon presiden.

Tujuannya menurut dia untuk melihat kemampuan eksploratif kandidat untuk memahami sekaligus menjelaskan dan mencari solusi atas masalah.

"Segmen di debat kedua sama dengan debat pertama, namun di segmen keempat yaitu sesi pertanyaan dari panelis, ada video pendek masing-masing kandidat, kami menamakannya sesi eksploratif," kata Wahyu usai diskusi di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan segmen satu pemaparan visi-misi, segmen kedua dan ketiga adalah pertanyaan panelis, segmen keempat adalah eksploratif, kelima inspiratif yaitu masing-masing kandidat bertanya pada kandidat lain.

Wahyu mengklaim format tersebut memungkinkan kandidat tampil rileks, original, dan lebih eksploratif menjelaskan secara rinci visi-misi serta program.

"Mulai pemilihan tempat duduk, kami sediakan kursi agar lebih rileks. Dari segi waktu, durasi per-segmen sama namun mekanismenya saja berbeda sehingga memungkinkan lebih dinamis," ujarnya.

Dia mengatakan di debat kedua, peran moderator lebih kuat untuk mengatur lalu lintas debat.

Selain itu menurut dia, di debat kedua ada yang berbeda yaitu tata letak panggung, karena ada masukan dari komponen masyarakat bahwa audiens di belakang kandidat mengganggu penonton televisi dan warga net.

Karena itu menurut dia, di debat kedua, format panggung diperbaiki yaitu di belakang kandidat tidak ada penonton sehingga penonton hanya di depan panggung.

"Debat ini kan tidak hanya untuk undangan yang hadir namun untuk seluruh rakyat sehingga ketika rakyat terganggu maka akan kami perbaiki," katanya.

Sebelumnya, debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres dengan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Debat kedua tersebut akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/2) yang akan disiarkan langsung RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.

Baca juga: Debat kedua jadi kesempatan menilai komitmen capres tuntaskan masalah lingkungan
Baca juga: Pengamanan debat capres hingga Simpang Semanggi

KPU ingin pilkada bersih dari koruptor

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo perkenalkan puluhan pakar untuk Indonesia Menang Sebelumnya

Prabowo perkenalkan puluhan pakar untuk Indonesia Menang

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta Selanjutnya

Bawaslu: dua orang dipenjara akibat politik uang di Jakarta