pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Menkominfo pastikan jaringan dan ruang digital aman di Pemilu 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi memasukan surat suaranya ke kotak suara di TPS 001 Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Livia Kristianti/am.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan jaringan hingga ruang digital di Indonesia bakal tetap aman di hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari. 

Pertama untuk jaringan, Budi memastikan koordinasi yang intensif telah disiapkan pihaknya dengan para penyelenggara telekomunikasi agar memprioritaskan titik-titik untuk pengumpulan suara.

"Kami sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan semua operator selular untuk meningkatkan perhatiannya pada saat pencoblosan, perhitungan suara, karena ini kan menyangkut jalur komunikasi," kata Budi di TPS 001 Senayan, Jakarta Selatan, Rabu.

Baca juga: Menkominfo lakukan pencoblosan Pemilu 2024 didampingi keluarga lengkap

Selain koordinasi dengan pelaku industri, Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan dukungan jaringan lewat BAKTI Kominfo khususnya di wilayah-wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar sehingga dalam proses pengiriman hasil suara bisa berjalan lancar.

Lalu dari sisi keamanan di ruang digital, Budi menyebutkan selama Pemilu 2024 berlangsung hoaks-hoaks terkait pesta demokrasi lima tahunan itu sudah ditangani dengan baik berkat patroli siber yang dilakukan Kementerian Kominfo.

"Sudah semua hoaks kami take down, pokoknya kami ada patroli siber 24 jam. Sudah banyak sekali yang kami take down itu nanti laporannya kami publikasikan setelah Pemilu," kata Budi.

Dalam Pemilu 2024, Kementerian Kominfo juga terus melakukan sosialisasi mengenai kampanye Pemilu Damai agar masyarakat dapat menjaga suasana baik di ruang digital maupun di dunia nyata tetap kondusif.

Baca juga: Menkominfo ingatkan lagi masyarakat ke TPS gunakan hak pilih

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat cari info pemilu lewat Pemiludamaipedia
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024
Menko PMK Muhadjir gunakan hak pilih di TPS 027 Jatimulyo Kota Malang Sebelumnya

Menko PMK Muhadjir gunakan hak pilih di TPS 027 Jatimulyo Kota Malang

MK tolak gugatan PPP soal dugaan kecurangan Pileg di Papua Tengah Selanjutnya

MK tolak gugatan PPP soal dugaan kecurangan Pileg di Papua Tengah