pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ketua MPR ingatkan TNI, Polri dan pemda siap siaga saat pemilu

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (dua kanan) saat melakukan kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-MPR RI.
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan jajaran TNI, Polri, dan pemerintah daerah (pemda) untuk siap siaga terhadap potensi gangguan keamanan hingga bencana alam saat hari pemungutan suara pemilu 2024.

“Kesiapsiagaan TNI, Polri, serta pemerintah daerah diperlukan bukan hanya dalam mewaspadai dan menangani potensi gangguan keamanan saja, melainkan juga mewaspadai potensi bencana alam,” kata Bamsoet saat kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta.

Baca juga: Bamsoet ajak semua pihak jaga situasi kondusif di masa tenang
Baca juga: Wakil Ketua MPR dukung netralitas penyelenggara pemilu


Dia berpesan agar para personel tidak mudah terprovokasi saat menjalankan tugas pengamanan. Menurut dia, tidak tertutup kemungkinan ada pihak-pihak yang berusaha memancing kerusuhan dan membuat suasana tidak kondusif.

Bamsoet mengatakan aparat juga harus mengantisipasi potensi terjadinya serangan teroris. “Berkaca pada Pemilu 2019, setidaknya ada enam aksi serangan teror, peristiwa tersebut tidak boleh terjadi pada pemilu 2024,” kata Ketua MPR RI.

Dalam kunjungan kerja hari ke-27 di Jawa Tengah itu, Bamsoet bertemu dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita bersama Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana.

Baca juga: Bamsoet ajak tokoh lintas agama tebarkan pesan perdamaian Pemilu 2024
Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak masyarakat jaga persatuan di masa tenang

Bamsoet mengapresiasi kesiapan Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana, serta jajaran Polda Jawa Tengah dalam mengamankan pemilu 2024 agar berjalan tertib, aman, dan damai mulai sejak masa kampanye, masa tenang, hingga saat dan pascapemungutan suara nanti.

Dia menjelaskan Jawa Tengah memiliki jumlah pemilih mencapai 28,29 juta jiwa, terbesar ketiga setelah DKI Jakarta (35,71 juta jiwa) dan Jawa Timur (31,4 juta jiwa). Para pemilih Jawa Tengah tersebar di 117.299 tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk itu, Bamsoet mengingatkan pentingnya sinergitas TNI, Polri, dan pemda di Jawa Tengah untuk mengantisipasi dan mewaspadai daerah yang berpotensi rawan dalam pemilu 2024 di provinsi tersebut.

“Data Bawaslu melaporkan bahwa terdapat tujuh wilayah rawan tinggi di Provinsi Jawa Tengah, meliputi Kota Semarang, Sukoharjo, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Kabupaten Magelang dan Kendal, sementara 28 wilayah lainnya masuk dalam kategori rawan sedang,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan hari pemungutan suara untuk memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung serentak pada Rabu, 14 Februari 2024.

Baca juga: Bamsoet ajak seluruh elemen bangsa wujudkan Pemilu yang damai
 
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
Kapolres instruksikan personel tindak tegas pihak yang ganggu pemilu Sebelumnya

Kapolres instruksikan personel tindak tegas pihak yang ganggu pemilu

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan Selanjutnya

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan