pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kapolres instruksikan personel tindak tegas pihak yang ganggu pemilu

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly saat mengecek pasukan Apel Pergeseran personel Pengamanan (PAM) Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di halaman Museum Purna Bakti Pertiwi TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-Humas Polrestro Jaktim
Jakarta (ANTARA) -
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Polisi Nicolas Ary Lilipaly menginstruksikan kepada seluruh personel pengamanan Pemilu 2024 agar menindak tegas pihak yang ingin mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah tersebut.
 
"Saya minta kepada anggota menindak tegas pihak-pihak yang ingin mengganggu Pemilu 2024," katanya saat Apel Pergeseran Personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (PAM TPS) Pemilu 2024 di halaman Museum Purna Bakti Pertiwi TMII, Jakarta Timur, Selasa.
 
Apel pergeseran personel ini diikuti 765 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Nicolas menyampaikan, dengan telah dilaksanakan apel pergeseran personel PAM TPS Pemilu 2024, maka seluruh personel yang terlibat merupakan ujung tombak dalam pengamanan pemilu ini.

Baca juga: KPU Jaktim targetkan distribusi logistik selesai pada Selasa
 
"Nilai itu dapat tercapai apabila dilaksanakan bersama-sama, tidak ada yang lemah dan yang kuat, semuanya harus bersama-sama menjaga keamanan dan menyukseskan Pemilu 2024," kata dia.
 
Dia menegaskan, stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) harus tetap terjaga selama pemilu karena kerja keras bersama.
 
"Pemilu 2024 kondusif karena peran semua pihak, yaitu Forkopimko (Forum Koordinasi Pimpinan Kota) Jakarta Timur. Oleh karenanya harus tetap dipertahankan," kata Nicolas.
 
Dia pun mengingatkan agar seluruh personel yang bertugas menggunakan kekuatan "soft skill" atau mengedepankan humanisme.
"Kedepankan humanisme, tidak ada yang menggunakan senjata api," tegasnya.

Baca juga: Polres Jaktim ajak warga wujudkan situasi yang aman jelang pemilu
 
Dandim 0505/JT Letkol Suyikno mengatakan sinergi TNI dan Polri serta unsur pemda merupakan salah satu suksesnya pemilu aman dan damai.
 
"Unsur tiga pilar, yakni TNI, Polri dan oemda akan bertanggung jawab pengamanan di wilayah Jakarta Timur dan personel harus laksanakan tugas sesuai SOP," kata Suyikno.
 
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Matmainah mengapresiasi seluruh jajaran yang bertugas mengamankan TPS sehingga pelaksana pemilu dapat berlangsung aman dan lancar.
 
"Sinergi dan kebersamaan dalam mewujudkan keamanan pemilu diharapkan dapat berjalan dengan aman dan sukses," ujarnya.
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
Menpan RB ajak rakyat ciptakan pemilu damai dan pastikan ASN netral Sebelumnya

Menpan RB ajak rakyat ciptakan pemilu damai dan pastikan ASN netral

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan Selanjutnya

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan