pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hashim minta TKN Prabowo-Gibran sikapi soal kebocoran data KPU

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo, saat ditemui di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Abdu Faisal.
Jakarta (ANTARA) - Adik calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, meminta Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran menyampaikan sikap resmi soal dugaan kebocoran data pemilih milik KPU saat rapat di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis malam.

"Nanti malam jam tujuh ada rapat di Golkar, saya hadir. Coba nanti ditanyakan soal kebocoran data itu," kata Hashim usai menghadiri Musyawarah Besar Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Hashim yang juga anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran itu memastikan bahwa Prabowo tidak akan ikut sebab belum mengambil cuti setidaknya sampai satu pekan pertama kampanye Pemilu 2024 yang dimulai sejak 28 November 2023.

"Bapak Prabowo masih belum cuti sehingga beliau tetap menjalankan tugasnya sebagai Menhan," kata Hashim.

Baca juga: Bareskrim temukan dugaan kebocoran data pemilih di KPU

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya sudah menyatakan sikap resmi terkait kebocoran data pemilih pada Pemilu 2024.

"TPN masih dan terus memantau perkembangan dugaan kebocoran data pemilih dan kami juga meminta kepada aparat penegak hukum dapat terlibat untuk mengusut dugaan kebocoran data pemilih 2024," kata Ganjar yang ditemui usai Mubes PGPI IX di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Ganjar juga menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencari orang-orang terbaik yang bisa memperbaiki sistem teknologi informasi guna memproteksi data yang bersifat pribadi.

"Segera lakukan proteksi serta mencari orang-orang terbaik untuk bisa meyakinkan bahwa IT system-nya dalam keadaan baik," kata Ganjar.

Baca juga: Andika Perkasa khawatir data pemilih yang dibobol dapat intervensi KPU

Sementara itu, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan juga dijadwalkan memberikan seminar kebangsaan pada Mubes PGPI IX di GBI Mawar Saron.
 
Berdasarkan agenda informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) pada Rabu (29/11) malam, Anies dijadwalkan hadir di Mubes PGPI pada pukul 13.00 sampai 14.00 WIB.

KPU RI pada 13 November 2023  telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Menkominfo bantah dugaan kebocoran DPT Pemilu 2024 bermotif politik
Baca juga: Komisi I DPR minta KPU tanggung jawab terkait dugaan kebocoran data
Baca juga: KPU libatkan Polri dan BIN dalami dugaan kebocoran data Pemilu 2024
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023
TII: Debat capres-cawapres bukan panggung untuk "bersilat lidah" Sebelumnya

TII: Debat capres-cawapres bukan panggung untuk "bersilat lidah"

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran