counter

NasDem siap mengawal visi-misi Presiden Jokowi periode kedua

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Ahmad Ali. (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Jakarta (ANTARA) - Bendahara Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan sebagai partai pengusung siap mengawal visi, misi, dan program kerja Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada periode kedua.

"NasDem memastikan akan mengawal semua program pemerintah yang berpihak kepada masyarakat," kata Ahmad saat dihubungi, di Jakarta, Minggu.

Ahmad Ali yang juga Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu menjelaskan, selain mengawal pemerintah, NasDem juga penting untuk memberikan masukan atas kebijakan-kebijakan pemerintah yang nantinya kemungkinan mendapatkan penolakan dari rakyat.

Ahmad menyatakan dukungan itu tidak hanya sebatas menjadikan Jokowi sebagai Presiden, tetapi memberikan dukungan untuk memberikan masukan dalam pemerintahannya jika ada hal-hal yang dirasakan dapat merugikan kepentingan publik.
Baca juga: NasDem resmi dukung Jokowi di pilpres 2019

Terkait visi, misi, dan program pada periode kedua Jokowi, Ahmad menyatakan hal itu sudah selesai karena yang akan dilaksanakan Jokowi sama dengan visi dan misi NasDem untuk kepentingan bangsa dan negara ke depan.

"Kesamaan visi, pikiran, dan pandangan Jokowi, kemudian menjadikan NasDem saat ini berada di samping Jokowi untuk periode kedua," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan NasDem juga terus mengingatkan Pemerintahan Jokowi, sehingga perjuangan bersama dan cita-cita yang yang disampaikan dalam pidato kebangsaan kemarin dapat terealisasi secara baik.

Selain itu, NasDem berkomitmen sejak awal untuk menyerahkan kewenangan kepada Presiden Jokowi untuk memilih dan menunjuk siapa pun pembantu presiden dalam kabinetnya nanti.

"Itu merupakan kewenangan penuh Presiden Jokowi," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan NasDem berharap Presiden Jokowi dapat memilih orang-orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk membantu menyukseskan visi misi atau janji-janji politik saat berkampanye dulu.

Pasangan Calon Presiden/Wapres terpilih Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mengusung visi berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Visi itu dijabarkan dalam sembilan misi, yakni peningkatan kualitas manusia Indonesia; struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing; pembangunan yang merata dan berkeadilan; mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan; kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa; penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

Kemudian, perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga; pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya serta sinergi pemerintah daerah dalam kerangka negara kesatuan.

KPU tetapkan 55 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Papua

Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
KPU Kota Malang tetapkan anggota DPRD terpilih Sebelumnya

KPU Kota Malang tetapkan anggota DPRD terpilih

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik Selanjutnya

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik